Kamis 11 Nov 2021 16:26 WIB

Yoshiko Ohta, Pengisi Suara Nobita Meninggal di Usia 89 Tahun

Aktris sekaligus pengisi suara Jepang, Yoshiko Ohta meninggal dunia di usia 89 tahun

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Yoshiko Ohta, pengisi suara pertama Nobita.
Yoshiko Ohta, pengisi suara pertama Nobita.

VIVA – Aktris sekaligus pengisi suara Jepang, Yoshiko Ohta meninggal dunia di usia 89 tahun. Wanita yang banyak mengisi suara karakter dalam berbagai karya animasi paling dicintai di Jepang itu meninggal karena gagal jantung.

Berita duka tersebut telah dikonfirmasi oleh agensi Yoshiko, Theatre Echo. Mereka telah mengeluarkan obituari pada Senin. 8 November 2021 yang menyatakan bahwa aktris tersebut telah meninggal karena gagal jantung di sebuah rumah sakit di prefektur Kanagawa pada 29 Oktober 2021.

Dilansir dari laman The Star, Kamis, 11 November 2021, Yoshiko Ohta, yang menikah dengan aktor Jepang Osamu Saka, bergabung dengan Theater Echo pada tahun 1963 dan melakukan sulih suara untuk banyak kartun dan anime klasik dari tahun 1960-an hingga 1990-an.

 

Dia memiliki bakat untuk beralih antara suara pria dan wanita, dan sering mengisi suara untuk karakter protagonis remaja.

Pada tahun 1973, ia menjadi pengisi suara Nobita Nobi alias Da Xiong dalam adaptasi animasi pertama Doraemon, yang hanya ditayangkan di TV Jepang selama setengah tahun dan tidak pernah disiarkan ulang.

Peran sulih suara lainnya yang diambil Yoshiko Ohta termasuk Sapphire di Princess Knight, Leo di Kimba the White Lion, serta karakter di Ranma 1/2 dan Inuyasha.

Selain itu, dia melakukan dubbing Jepang untuk beberapa film Disney seperti Peter Pan, Bambi, Dumbo dan The Fox and the Hound.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement