Senin 14 Oct 2024 08:38 WIB

Peminat Mobil Bensin Terus Turun , 3 dari 4 Mobil Merek China yang Terjual, Mobil Listrik

Mobil bensin hanya menguasai pasar mobil premium.

Seorang ibu dan anak melihat mobil terbang XPeng X2 di Pameran Kendaraan Terkoneksi dan Energi Baru Internasional China di Beijing (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/MARK R. CRISTINO
Seorang ibu dan anak melihat mobil terbang XPeng X2 di Pameran Kendaraan Terkoneksi dan Energi Baru Internasional China di Beijing (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Selama tiga bulan berturut-turut, kendaraan energi baru (ev dan plug in hybrid) menyumbang sebagian besar penjualan mobil pada bulan September di China. Tingkat penetrasi penjualan eceran bulan lalu adalah 53,3 persen. Namun, angka yang lebih jelas muncul bahwa tiga dari empat mobil merek China yang terjual sekarang adalah kendaraan energi baru.

Data dari Asosiasi Mobil Penumpang China menunjukkan bahwa penjualan mobil energi baru mencapai 1,123 juta. Peningkatan penjualan kendaraan energi baru mencapai 50,9 PERSEN dari tahun ke tahun dibandingkan dengan September tahun lalu.

Baca Juga

Namun, angka keseluruhan untuk pasar mobil menunjukkan tren yang sangat berbeda. Penjualan pada bulan September adalah 2,109 juta, yang hanya meningkat 4,5 persen dari tahun ke tahun. Ini adalah bulan kedua peningkatan setelah tren penurunan selama lima bulan.

Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa penjualan mobil bensin (ICE) menurun di Tiongkok dan peningkatan penjualan sebagian besar disebabkan oleh peningkatan penjualan NEV, yang menggerogoti angka penjualan ICE.

Menurut Fast Technology, tingkat penetrasi untuk merek milik sendiri adalah 74,9 persen. Ini berarti bahwa hanya satu dari setiap empat mobil tersebut yang masih merupakan ICE.

Pada bulan September, produsen lama Tiongkok menguasai 73 persen pasar NEV, peningkatan 1 poin persentase dari tahun lalu. Yang paling merugi adalah kendaraan listrik dari merek patungan, yang kini hanya menguasai 3,4 persen pangsa pasar, turun 2,3 poin persentase dari September 2023.

Sebaliknya, yang paling diuntungkan adalah pendatang baru, yang kini menguasai pangsa pasar 16,5 persen, naik 2,6 poin persentase dari tahun ke tahun. Tesla juga mengalami kenaikan 0,6 poin persentase, kini menguasai pangsa pasar 6,4 persen.

Penjualan mobil merek premium tampaknya menjadi area terakhir di mana mobil ICE masih menguasai pangsa pasar yang cukup besar. Tingkat penetrasi kendaraan listrik untuk segmen ini di Tiongkok adalah 33,5 persen.

sumber : carNewsChina.com
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement