Jumat 18 Oct 2024 17:15 WIB

Prodi Arsitektur Unand Lakukan Kunjungan Resmi ke UiTM Malaysia

Kunjungan Prodi Arsitektur Unand ke UiTM malaysia merupakan balasan dan tindak lanjut dari kerja sama yang telah terjalin sebelumnya.

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Kampus Republika
.

Kunjungan Prodi Arsitektur Unand ke UiTM Malaysia 16-18 Oktober 2024. Foto : dok

Kampus—Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Andalas (Unand) melakukan kunjungan resmi ke Kolej Pengajian Alam Bina Universiti Teknologi Mara (UiTM), yang di Indonesia dikenal sebagai Prodi Arsitektur. Pusat Pengajian ini terletak di Puncak Alam, Selangor Darul Ehsan, Malaysia. Kunjungan ini dilakukan dari tanggal 16-18 Oktober 2024.

Rombongan dipimpin oleh Ahmad Junaidi, MEng.Sc, selaku ketua Prodi Arsitektur Unand, dan didampingi oleh Dr Nurhamidah, manajer Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik. Dalam kunjungan ini, Nurhamidah juga menjadi presenter pada kuliah umum yang direncanakan oleh Prodi Alam Bina pada hari ketiga kunjungan. Kunjungan ini merupakan balasan dan tindak lanjut dari kerja sama yang telah terjalin sebelumnya.

Ahmad Junaidi mengatakan, beberapa poin penting yang dibicarakan dalam kunjungan ini meliputi rencana kegiatan summer camp dan summer course, dengan beberapa lokasi di Sumatera Barat sebagai target. Selain itu, juga dibahas mengenai pertukaran pelajar dan joint studio. Joint studio adalah kegiatan kolaborasi pendidikan dalam mata kuliah inti arsitektur, yaitu studio perancangan, untuk menyelesaikan masalah desain arsitektur tertentu secara bersama-sama.

Rombongan Prodi Arsitektur Unand yang melakukan kunjungan ke UiTM Malaysia. Foto : dok

Pada hari pertama, rombongan disambut oleh Dr Hailane Salam, Ketua Pusat Pengajian Seni Bina. Hailane berharap kunjungan ini dapat meningkatkan aktivitas kerja sama antar prodi untuk pengembangan kedua program studi ke arah yang lebih baik. Hal senada juga disampaikan oleh Ahmad Junaidi, yang mengapresiasi kerja sama ini dan berharap dapat terus berlanjut sebagai bagian penting dari pengembangan program tridharma perguruan tinggi di Unand.

Hari pertama dimulai dengan berbagi informasi mengenai kondisi terkini Fakultas dan Program Studi masing-masing. Pencapaian dosen menjadi perhatian utama, karena program lawatan ini juga mengusung kolaborasi penelitian antar dosen dari kedua universitas. Selain itu, dibahas juga mengenai kurikulum dan silabus yang mungkin bisa disinergikan dengan program Merdeka Belajar yang sedang digalakkan di Unand.

Pada hari kedua, rombongan dari Unand melakukan tinjauan ke ruang kelas, ruang studio, dan bengkel yang menjadi bagian dari proses belajar mengajar di Prodi. Rombongan dan tuan rumah juga melakukan Focus Group Discussion mengenai jalur kerja sama, mobilitas mahasiswa, penelitian, serta penerbitan bersama yang akan dituangkan dalam Memorandum of Agreement.

Hari ketiga dimulai dengan sarapan pagi dan dilanjutkan dengan diskusi mengenai pembentukan Prodi Geometik yang bekerja sama dengan UiTM. Dekan PM, Dr Emma Marinie Ahmad Zawawi, menyatakan bahwa pembentukan program ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antara kedua institusi dalam bidang pendidikan dan penelitian.

Kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan kuliah umum yang dihantarkan oleh dosen Fakultas Teknik Universitas Andalas, Associate Prof Nurhamidah, dengan tema "Validasi Data Curah Hujan Satelit GPM IMERG dengan Data Curah Hujan Stasiun Pengamatan di Wilayah Tropis Indonesia dan Malaysia". Selain itu, ada juga presentasi dari dosen Kolej Pengajian Alam Bina UiTM, Prof Madya Khairul Nizam Tahar, dengan tema "Drone in Smart Built Environment". Kegiatan lawatan ke UiTM diakhiri dengan diskusi dan kesepakatan untuk pengembangan kerjasama ke depan.(*)

sumber : https://kampus.republika.co.id/posts/483216/prodi-arsitektur-unand-lakukan-kunjungan-resmi-ke-uitm-malaysia
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement