Ahad 20 Oct 2024 17:38 WIB

Komandan, Wadan, serta Dangrup A Paspampres Diganti, Sesmilpres Juga

Mayjen TNI Rui FGP Duarte, orang dekat Prabowo dipromosikan menjadi Irjen Kemenhan.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.
Foto: Republika/Prayogi
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan mutasi dan promosi kepada sejumlah perwira tinggi (pati) TNI tiga matra. Termasuk mengganti Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).

Dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1264/X/2024 yang diteken oleh Jenderal Agus Subiyanto di Jakarta pada Jumat (18/10/2024), Mayjen Achiruddin dipromosikan dari Danpaspampres menjadi Pangdam VI/Mulawarman. Hanya saja, posisi Danpaspampres masih kosong.

Baca Juga

Panglima TNI juga mengganti Wakil Danpaspampres dari Marsma Solihin kepada Brigjen (Mar) Samson Sitohang. Samson sebelumnya menjabat sebagai Komandan Komando Pendidikan Marinir Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI Angkatan Laut.

Kemudian, Panglima TNI juga mempromosikan Kolonel Inf Wimoko dari Komandan Grup A Paspampres ini menjadi Komandan Resor Militer (Danrem) 102/Panju Pajung di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Grup A Paspampres bertugas mengawal Presiden Prabowo Subianto dan keluarganya.

Pergantian juga menyasar Brigjen Heri Purwanto yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Personel TNI dan Polri Sekretariat Militer Presiden sekaligus Plt Sesmilpres. Dia bakal menjabat Danrem 042/Garuda Putih di Jambi.

Dalam SK itu, Panglima TNI juga mengganti Irjen Kemenhan dari Letjen Djaka Budhi Utama kepada Mayjen Rui FGP Duarte. Rui yang dikenal sebagai orang kepercayaan Prabowo akan menyandang pangkat bintang tiga di jabatan barunya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement