Rabu 23 Oct 2024 23:02 WIB

Menlu Sugiono: Kami Berdiri Tegak Bersama Rakyat Palestina

Menlu Sugiono tegaskan Indonesia dukung Palestina merdeka.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Erdy Nasrul
Menteri Luar Negeri Sugiono.
Foto: Republika/Prayogi
Menteri Luar Negeri Sugiono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS Plus, Menteri Luar Negeri RI Sugiono menggelar pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Hussein Al Sheikh.

Dalam pertemuan tersebut, Sugiono menegaskan kembali komitmen kuat Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina untuk mencapai kemerdekaan.

Baca Juga

“Saya akan memastikan bahwa isu Palestina selalu berada di garis depan diplomasi Indonesia, dan kami akan terus berdiri tegak bersama rakyat Palestina”, kata Sugiono dalam siaran pers Kementerian Luar Negeri, Rabu (23/10/2024).

"Dukungan kepada Palestina ini juga disampaikan oleh Presiden RI Prabowo Subianto saat pelantikannya sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2024 lalu,” tambahnya.

Dalam pertemuan itu Sugiono menekankan kembali dukungan politik untuk Palestina termasuk dengan terus mendorong gencatan senjata permanen dan upaya-upaya perdamaian lainnya menuju Solusi Dua Negara.

Ia juga menegaskan kembali komitmen bantuan kemanusiaan RI kepada Palestina, baik secara bilateral, maupun melalui badan PBB seperti UNRWA dan ILO.

Sugiono, menegaskan pentingnya upaya kolektif untuk mendorong perdamaian dan stabilitas di kawasan Timur Tengah.

Ia mengatakan pertemuan BRICS ini harus dimanfaatkan untuk memperkuat kolaborasi sebagai kekuatan positif (positive force) untuk terus mengupayakan perdamaian di Palestina.

Sebelumnya dilaporkan kurang dari 24 jam setelah pelantikannya, Sugiono bertolak ke Kazan, Rusia, untuk memenuhi undangan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS Plus 2024 yang akan diselenggarakan Presidensi Rusia pada tanggal 23 sampai 24 Oktober 2024. Sugiono ditugaskan hadir sebagai Utusan Khusus Presiden RI Prabowo Subianto pada pertemuan tersebut.

Kunjungan ini adalah kunjungan resmi perdana Sugiono setelah resmi dilantik sebagai Menteri Luar Negeri RI. Kementerian Luar Negeri Indonesia mengatakan kehadiran Sugiono di forum ini menegaskan komitmen Indonesia untuk terus berperan aktif dalam forum-forum internasional dan memperkuat hubungan dengan seluruh negara termasuk negara-negara anggota BRICS.

Dalam KTT BRICS Plus tersebut, Indonesia akan menyuarakan pesan penting perdamaian serta menyerukan pentingnya negara-negara berkembang dan Global South untuk bersatu, meningkatkan solidaritas, serta memainkan peran pentingnya dalam menciptakan tatanan dunia yang lebih inklusif, adil, dan setara.

BRICS merupakan forum kerja sama yang dibentuk Brazil, Rusia, India, Cina dan Afrika Selatan untuk membahas isu-isu global terkini. Pada awal tahun 2024, sejumlah negara lain yakni UAE, Iran, Mesir, Ethiopia telah bergabung menjadikan keanggotaannya kini 9 negara. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement