Ahad 27 Oct 2024 12:18 WIB

Warga Nilai Pasangan Muzakir Munaf-Dek Fadh Unggul dalam Debat Perdana Pilgub Aceh

Debat Pilgub Aceh diwarnai dengan adu gagasan

Pasangan Muzakir Manaf-Dek Fadh dalam Debat publik perdana Pilgub Aceh
Foto: Dok Istimewa
Pasangan Muzakir Manaf-Dek Fadh dalam Debat publik perdana Pilgub Aceh

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA—Pada Debat Perdana Pilgub Aceh 2024 yang digelar KIP aceh pada Jumat (25/10/2024), sebagian besar masyarakat menilai Paslon Mualem-Fadhullah lebih menguasai panggung debat tersebut.

Salah satu warga aceh yang menonton jalannya debat yaitu Iskandarsyah bin Syarifuddin, Pekerja Aceh di Kuching Sarawak, Malaysia, bahkan memberi penilaian bahwa paslon Muzakir Manaf-Dek Fadh menang telak dengan skor 3-0 dalam Debat Perdana menghadapi Bustami-Fadhil.

Baca Juga

Muzakir-Dek fadh dinilai menang telak 3-0 atas Bustami-Fadhil berdasarkan beberapa catatan yaitu, pasangan 02 sangat unggul karna mereka memahami permasalahan yang di hadapi Aceh sesuai tema debat, memahami apa solusi yang tepat dan juga bisa menguasai audiens.

Mualem terlihat sangat bersemangat, mulai dari awal debat ketika beliau diberikan kesempatan untuk memberikan pemaparan atas pertanyaan yang diberikan oleh para panelis untuk sub tema pertama.

Dengan mengeluarkan quotes "sitaufik kajiwoe di dayah" yang membuat semua audien dan pendukungnya yang berhadir langsung di ruang debat, memberi aplaus dan sorakan dukungan yang membuat ruang debat menjadi riuh dan bergemuruh.

Ketika diberi kesempatan untuk saling bertanya pada tema pertama, pasangan Mualem Sek Fadh langsung membuat KO "ureung siblah" dengan pernyataan di Aceh masih banyak rakyat yang tidak bisa membaca Alquran dan pasangan ini akan menyiapkan anggaran khusus dan juga akan mengeluarkan kartu santri, sembari menunjukkan sebuah duplikat kartu santri Aceh. Menurut paslon 02 kartu ini akan diberikan untuk anak-anak Aceh yang tidak bisa mengaji.

Di tema kedua, izin tambang dibangkitkan, karena menurut isu yang berkembang selama menjadi Pj gubernur, Om Bus atau Bustami Hamzah telah mengeluarkan 9 izin tambang selama 5 bulan menjabat.

Walau Bustami sempat mengklarifikasi dan menjelaskan proses keluarnya izin tambang ini, tapi tidak membuat argumen dari paslon 02 terbantahkan. 

Selain itu terkait Otsus Aceh, jawaban Muzakir Manaf yang menyatakan bahwa dirinya mempunyai koneksi langsung dengan Prabowo sebagai Presiden, sehingga lebih mudah untuk menyampaikan aspirasi rakyat aceh untuk memperpanjang Otsus merupakan pukulan telak bagi Bustami-Fadhil. Tidak berhenti di situ Mualem Dek Fadh makin bersemangat di akhir debat.

BACA JUGA: Hancurkan Masjid di Lebanon, Tentara Israel Tertawa dan Nanyikan Lagu: Tuhan Menari Girang

Ketika diberikan kesempatan untuk membuat clossing, Mualem sempat berpantun dalam bahasa Melayu "hendak kemana kita pergi bawalah agama selalu dihati, bagaimana memimpin negeri kalau kita tidak bisa mengaji".

Pantun ini membuat pasangan 01 agak terpancing dan terlihat ketika Syech Fadhil menutup clossing-nya dengan suara yang lantang gemetaran sampai tidak jelas isi dari apa yang beliau ucapkan. 

Penampilan Mualem-Dek Fadh pada Debat perdana tersebut akan semakin menambah dukungan rakyat aceh terdadap Paslon 02, serta akan terus menaikkan elektabilitas Mualem-Dekfadh.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement