Rabu 30 Oct 2024 09:24 WIB

PT Telkom Hadirkan Solusi Customer Relationship Management yang Terjangkau UMKM

Telkom berkomitmen mendukung UMKM dalam mengoptimalkan hubungan pelanggan

Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi kawasan UMKM
Foto: Dok Republika
Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi kawasan UMKM

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai lokomotif digitalisasi di Indonesia, menghadirkan platform OCA Indonesia yang cocok untuk kebutuhan bisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Karena, menawarkan solusi Customer Relationship Management/CRM yang fleksibel, dan aman.

Solusi tersebut adalah OCA Interaction Lite dari OCA Indonesia yang dapat diimplementasi dengan mudah, serta dilengkapi fitur yang dapat disesuaikan kebutuhan UMKM. Menurut EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa, OCA Interaction Lite bisa jadi pilihan tepat untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia.

Baca Juga

Selain mampu membuat bisnis semakin lancar, kata dia, OCA Interaction Lite juga mengedepankan keberlanjutan lingkungan lewat efisiensi teknologi digital dan pengelolaan data lebih baik. Dengan digitalisasi CRM, UMKM bisa lebih efisien mengelola sumber daya, memperkuat transparansi operasional, dan tentunya membantu menjaga lingkungan.

"Melalui OCA Interaction Lite, Telkom berkomitmen mendukung UMKM dalam mengoptimalkan hubungan pelanggan dan meningkatkan produktivitas bisnis, " ujar Komang dalam keterangan resminya, Rabu (30/10/2024).

Dengan solusi CRM yang fleksibel dan mudah diadaptasi, kata dia, pihaknya memastikan pelaku usaha dapat memanfaatkan teknologi digital secara maksimal untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing. "Terlebih dengan fitur yang telah disesuaikan kebutuhan bisnis, tools ini diyakini dapat meningkatkan efisiensi dengan tetap mengutamakan keandalan dan tanpa mengesampingkan keamanan,” katanya.

Dalam dunia bisnis yang semakin digital, kata dia, menjaga hubungan erat dengan pelanggan menjadi kunci penting untuk keberlangsungan dan pertumbuhan UMKM. Berdasarkan data INDEF, digitalisasi mampu meningkatkan loyalitas pelanggan, mempercepat transaksi, dan memperluas pasar.

Salah satu solusi digital yang dapat diandalkan UMKM, kata dia, adalah penggunaan CRM, yang akan membuat pelaku bisnis dapat mengelola interaksi pelanggan lebih efisien, meningkatkan penjualan, serta membangun hubungan lebih personal dengan konsumen.

Penggunaan Aplikasi CRM, dapat meningkatkan kredibilitas komunikasi perusahaan dan memberikan banyak manfaat bagi UMKM. Penggunaan CRM juga dapat meningkatkan kurasi perkiraan penjualan rata-rata 42 persen. Tak hanya itu, CRM juga mempercepat pengambilan keputusan strategis dengan menyediakan data analitik lebih akurat.

Komang mengatakan, memilih aplikasi CRM yang pas buat UMKM tentu memerlukan pertimbangan matang. Antara lain harus mengenali kebutuhan bisnis yang dijalani agar fokus meningkatkan pelayanan pelanggan, mempercepat operasional, atau mengelola data lebih efektif.

"Pelaku UMKM perlu memilih CRM yang bisa disesuaikan dengan skala bisnis dan mendukung kebutuhan spesifik mereka. Dengan OCA Interaction Lite, UMKM bisa mengatur fitur sesuai kebutuhan, dari integrasi media sosial hingga manajemen data pelanggan," katanya.

Selain itu, kata dia, pilih fitur relevan, mempersiapkan tim yang akan mengelola CRM, memperhatikan bujet yang tersedia, hingga memprioritaskan keamanan data. OCA Interaction Lite menawarkan solusi yang dapat disesuaikan budget bisnis. Dengan pilihan fitur fleksibel, pelaku UMKM dapat memilih paket yang sesuai tanpa membebani keuangan perusahaan.

"Kami juga tidak hanya menawarkan fitur-fitur lengkap, tetapi juga menjamin keamanan data dengan standar perlindungan yang ketat, sehingga pelaku UMKM tidak perlu khawatir akan kebocoran data," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement