Kamis 30 Jan 2025 21:00 WIB

UMKM Unggulan BRI Siap Go Global dengan Produk Aromaterapi Berkualitas

UMKM binaan BRI tidak hanya tumbuh di dalam negeri, tetapi menembus pasar ekspor.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Gita Amanda
Balee Scents, UMKM yang bergerak di bidang aromaterapi, menjadi salah satu dari 1.000 UMKM unggulan yang berhasil lolos seleksi ketat dalam BRI UMKM EXPO(RT) 2025.
Foto: Dian Fath Risalah/Republika
Balee Scents, UMKM yang bergerak di bidang aromaterapi, menjadi salah satu dari 1.000 UMKM unggulan yang berhasil lolos seleksi ketat dalam BRI UMKM EXPO(RT) 2025.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Balee Scents, UMKM yang bergerak di bidang aromaterapi, menjadi salah satu dari 1.000 UMKM unggulan yang berhasil lolos seleksi ketat dalam BRI UMKM EXPO(RT) 2025. Masuk dalam kategori Healthcare & Wellness, Balee Scents menawarkan produk-produk berbasis aromaterapi seperti lilin, reed diffuser serta spray yang ramah lingkungan dan terjangkau.  

Kepada Republika, pemilik Balee Scents Jennifer Putri, berbagi kisah perjalanannya dalam membangun bisnis sejak 2022. Berawal dari kecintaannya pada aromaterapi, ia pun memberanikan diri untuk memulai usaha.  

Baca Juga

“Dari dulu saya suka banget aromaterapi, tapi sering merasa produk berkualitas itu harganya cukup mahal. Akhirnya, saya terpikir untuk menghadirkan opsi yang lebih affordable tanpa mengorbankan kualitas,” ungkapnya, Kamis (30/1/2025). 

Dengan bahan-bahan biodegradable, produk Balee Scents tidak hanya aman digunakan tetapi juga ramah lingkungan, sejalan dengan tren gaya hidup berkelanjutan yang kini semakin diminati.

Berkat dukungan dari BRI melalui program BRI UMKM EXPO(RT) 2025, Balee Scents mendapat kesempatan lebih luas untuk memperkenalkan produknya, termasuk di event berskala internasional.  “Kami diperkenalkan dengan UMKM BRI oleh kenalan yang sudah lebih senior di dunia UMKM. Dari situ, kami diajarkan strategi event dan akhirnya bisa sampai ke tahap showcase di BRI UMKM EXPO(RT) 2025,” tambah Jennifer.  

Produk Balee Scents sendiri memiliki harga yang cukup variatif, mulai dari Rp 79 ribu untuk lilin hingga Rp 400 ribu untuk hampers eksklusif dengan kemasan hardbox yang berisi beberapa produk unggulan. Dari sisi omzet, bisnis ini mengalami pertumbuhan yang signifikan, terutama di musim hampers seperti Lebaran dan Natal, di mana mereka pernah mencapai omzet hingga Rp 100 juta dalam satu periode.   

Tahun ini, sebanyak 1.000 UMKM terbaik berhasil lolos seleksi ketat setelah melalui proses selama satu bulan (4 November-7 Desember 2024). Dengan kategori Healthcare & Wellness yang hanya diisi oleh 35 UMKM, Balee Scents semakin optimistis untuk bisa menembus pasar internasional.  

Direktur Utama BRI Sunarso menegaskan bahwa program BRI UMKM EXPO(RT) 2025 merupakan komitmen BRI dalam mendorong UMKM agar lebih siap menghadapi pasar global. “Kami ingin memastikan bahwa UMKM binaan BRI tidak hanya tumbuh di dalam negeri, tetapi juga mampu menembus pasar ekspor. Dengan berbagai dukungan seperti pelatihan, business matching, dan akses ke pasar internasional, kami optimis semakin banyak UMKM yang akan naik kelas dan bersaing di tingkat global,” ujar Sunarso.  

Pernyataan tersebut semakin memperkuat harapan Jennifer untuk membawa Balee Scents ke panggung internasional. “Harapannya, dengan dukungan dari BRI, produk kami bisa lebih dikenal di mancanegara. Kami ingin menunjukkan produk Indonesia, khususnya yang terinspirasi dari budaya Bali, bisa bersaing secara global,” tutur Jennifer. Ia juga berharap adanya kolaborasi lebih lanjut dari BRI dan pemerintah untuk membantu UMKM dalam akses pasar ekspor.  

Saat ini, Balee Scents bisa ditemukan di Instagram @BaleeScents serta di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia dengan nama yang sama. Dengan langkah besar yang telah dicapai melalui BRI UMKM EXPO(RT) 2025, Balee Scents siap membawa keharuman khas Indonesia ke pasar global.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement