REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA -- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyatakan layanan telekomunikasi di tiga wilayah di Provinsi Papua dan Papua Barat telah normal. Layanan di beberapa kota ini sempat terkena dampak dari gangguan kabel laut laut Fakfak-Merauke, sejak Kamis (8/2).
"Layanan TelkomGroup untuk wilayah Timika, Nabire dan Kaimana telah kembali normal seperti sediakala menggunakan SMPCS (Sulawesi Maluku Papua Cable System) sejak Jumat, pukul 04.01 WIB," kata Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo melalui siaran pers yang disampaikan oleh Kepala Kantor Daerah Telkom (Kakandatel) Timika Jangkir Simbiak di Timika, Jumat (16/2).
Namun demikian, khusus untuk wilayah Merauke pemulihan layanan masih bersifat sementara dengan menggunakan link satelit dengan kapasitas yang terus diupayakan bertambah. Arif juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu proses pemulihan gangguan layanan TelkomGroup di beberapa wilayah Papua.
"Mewakili jajaran manajemen TelkomGroup, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, khususnya pelanggan setia TelkomGroup yang telah mendukung upaya recovery di beberapa wilayah Papua dan Papua Barat yang telah kembali normal," kata Arif.
Arif juga memohon doa dan dukungan untuk pemulihan secara menyeluruh hingga ke wilayah Merauke yang masih terus diupayakan semaksimal mungkin.