Jumat 04 Oct 2013 10:12 WIB

Mengintip Persiapan Apple Meluncurkan iPad Mini 2

Rep: Agung Sasongko/ Red: Karta Raharja Ucu
iPad mini 2
Foto: jeruknipis.com
iPad mini 2

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Persaingan tablet 8 inch cukup ketat. Ini yang membuat, Apple mewaspadai pengembangan yang dilakukan masing-masing kompetitornya.

Kabar soal iPad mini 2 sudah beredar kendati perusahaan yang bermarkas di Copertino, California ini belum angkat bicara. Kabar yang beredar itu seperti Apple bakal memasukan fitur Retina Display.

Selain Retina Display, kabarnya iPad mini 2 bakal dibekali resolusi tinggi pada layar dan kameranya. iPad mini 2 juga dikabarkan bakal lebih tipis dan ringan.

"Jika fitur ini tidak dimasukan pasti banyak kekecewaan," kata analis Forrester, frank Gillet seperti dilansir Bussines Insider, Kamis (3/10).

Yang menjadi pertanyaan, apakah fitur Retina Display masih relevan dengan perkembangan pasar tablet 8 inch. Sebab, kompetitor utama iPad mini 2 seperti Google Nexus 7, serta Amazon Kindle menyematkan fitur tersebut. Artinya, fitur ini bukan hal baru lagi.

Kabar lain yang berkembang, Apple juga hanya akan merilis iPad mini 2 dengan memori yang kecil yakni 8 GB. Strategi cukup realistis, kalau memang benar, lantaran harga iPad mini kurang 'terjangkau' ketimbang kompetitornya. Apalagi ketika bicara tablet 8 inch buatan Cina.

"Kalau melihat pasar, iPad mini paling mahal," kata Arthur Liao, analis Fubon Securities yang berbasis di Taiwan.

"Jika memang Apple bisa melakukan perubahan signifikan soal harga hingga 50 dolar AS. Itu akan cukup mempengaruhi pasar," tuturnya.

Saat ini, iPad masih jadi pesaing pasar Samsung di pasar tablet. Total market share pada tahun lalu mencatat 32,5 persen. Sementara, Samsung masih menguasai pasar hingga 62,5 persen.

Lantas, kapankan iPad mini 2 ini bakal dirilis?. Bisa jadi, tahun ini, tapi lagi-lagi Apple masih tutup mulut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement