Senin 23 Apr 2012 12:21 WIB

Jakarta Pastikan tak Ada Soal UN SMP Bocor

Red: Hafidz Muftisany
Ujian Nasional (Ilustrasi)
Foto: Antara
Ujian Nasional (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sejumlah Sekolah Menengah Pertama di Jakarta memastikan tidak ada kebocoran soal dalam pelaksanaan ujian nasional yang serentak digelar di seluruh wilayah Indonesia hari ini.

"Naskah soal yang kami terima sangat rapi, bahkan terbungkus plastik di luarnya. Tidak mungkin ada kebocoran," kata Kepala SMP Al Qalam Jakarta, Mahidin Syahidu, ketika ditemui ANTARA, Senin (23/4).

Dikatakannya, pihak sekolah sendiri tidak mengetahui tentang isi amplop soal yang didistribusikan itu. "Berkas soal hanya dibuka di kelas oleh pengawas, mereka yang tahu tentang skema pembagiannya seperti apa," tuturnya.

Senada dengan pernyataan tersebut, Kepala SMP Muhammadiyah 4 Jakarta, Sandi Irawan, juga mengungkapkan ketidaktahuannya soal rincian paket soal yang dibagikan kepada siswa itu.

"Kode soal ada lima paket, tetapi kami tidak tau pembagiannya seperti apa. Pengawas sepenuhnya bertanggung jawab terhadap hal itu," ujarnya yang ditemui dalam kesempatan berbeda.

Sementara itu Gubernur Jakarta, Fauzi Bowo, yang melakukan kunjungan ke sejumlah sekolah menargetkan angka kelulusan 99 persen bagi siswa SMP se-DKI, sama dengan pencapaian tahun sebelumnya.

UN SMP di DKI menurut Disdik 1.051 siswa, sementara Madrasah Tsanawiyah 228 dan 15 peserta di SMP Luar Biasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement