Rabu 19 Dec 2012 15:09 WIB

Tau Ceti, Planet Baru yang Bisa Ditinggali

Rep: Nur Aini/ Red: Setyanadivita Livikacansera
Tau Ceti menjadi kandidat planet yang paling mirip dengan bumi.
Foto: celestiamotherlode.net
Tau Ceti menjadi kandidat planet yang paling mirip dengan bumi.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Salah satu bintang terdekat dari bumi, Tau Ceti menjadi kandidat planet yang paling mirip dengan bumi. 

Terletak di 12 tahun cahaya, bintang mirip matahari ini memiliki lima planet yang mengorbit dan memiliki kemungkinan adanya kehidupan.Salah satu planet Tau Ceti memiliki massa sekitar lima kali lipat dari bumi.  

Untuk menemukan planet yang bisa ditinggali, tidak hanya dilihat dari massanya yang harus mendekati massa bumi. Tetapi juga, mereka harus terletak pada zona yang disebut zona Goldilocks. Ini adalah jarak orbit dari bintang dimana suhu tidak terlalu panas atau terlalu dingin sehingga air dapat tetap cair.

Penemuan Tau Ceti dilakukan astonom Australia, Inggris, Chili, dan Amerika Serikat. Mereka menggunakan teknik baru untuk menyaring data dari lebih 6000 pengamatan. Mereka menemukan Tau Ceti bukan bintang tunggal tetapi sebuah sistem planet. 

"Penemuan ini sejalan dengan perkiraan kami bahwa hampir setiap bintang memiliki planet dan bahwa galaksi memiliki planet yang potensial untuk dihuni seperti bumi, " kata peneliti Steve Vogt seperti dikutip spacedaily, Rabu (19/12).

Pada 17 Oktober, astronom Eropa melaporkan mereka mendeteksi planet dengan massa mendekati bumi dan mengorbit pada Alpha Centauri B, yang jaraknya hanya 4,3 tahun cahaya. Namun planet itu sendiri bukan bumi yang lain. 

Hal ini karena mereka tidak berada di zona Goldiloks. Air pun tidak dapat mencair di planet tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement