Sabtu 04 Jan 2014 11:37 WIB

Pasca-anjlok, KA Pangrango Kembali Beroperasi

Red: Karta Raharja Ucu
 Calon penumpang menunggu keberangkatan perdana KA Pangrango rute Bogor-Sukabumi di Stasiun Bogor Paledang, Kota Bogor, Jabar, Sabtu (9/11).  (Antara/Jafkhairi)
Calon penumpang menunggu keberangkatan perdana KA Pangrango rute Bogor-Sukabumi di Stasiun Bogor Paledang, Kota Bogor, Jabar, Sabtu (9/11). (Antara/Jafkhairi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- KA Pangrango anjlok Jumat (3/1) kemarin, sudah kembali beroperasi Sabtu (4/1) pagi.

"Hari ini KA Pangrango sudah beroperasi normal, kereta sudah jalan pagi tadi pukul 08.03 WIB," ujar Kepala Stasiun Besar Bogor, Weddy Hortono, saat dihubungi Sabtu.

Weddy mengatakan, perjalanan KA Pangrango yang melayani rute Bogor-Sukabumi, mengalami keterlambatan sekitar 28 menit yang biasanya perjalanan pertama dari Bogor pukul 07.35 menjadi 08.03 WIB.

Menurut Weddy, keterlambatan ini dikarenakan pembatasan kecepatan perjalanan KA Pangrango terutama di lokasi titik anjloknya kreta. "Pasca-anjlok kecepatan kereta dibatasi biasanya 30 km per jam, menjadi lima km per jam terutama saat melintasi rel yang anjlok," ujar Weddy.

KA Pangrango anjlok di kawasan antara Stasiun Cigombong dan Stasiun Cicurug, Jumat pada pukul 14.00 WIB. Anjloknya kereta yang berpenumpang sekitar 350 orang tersebut terjadi karena adanya rel yang patah, sehingga satu kereta anjlok tidak bisa jalan.

Tidak ada korban jiwa, kereta yang anjlok merupakan kereta KMP3 (restorasi). Sehingga petugas meninggalakn kereta tersebut dan kembali melanjutkan perjalanan tanpa KMP3.

Akibat peristiwa tersebut dua perjalanan KA Pangrango dari Stasiun Bogor yakni pukul 15.20 dan 17.55 WIB terganggu. Sehingga sejumlah penumpang yang sudah membeli tiket mencari kendaraan alternatif dan uang penumpang dikembalikan seratus persen.

"Sebenarnya tidak ada pembatalan perjalan, perjalanan kereta masih tetap ada. Hanya saja penumpangnya sudah tidak ada, mereka memilih alternatif angkutan lain," ujarnya.

Weddy mengatakan, perbaikan rel telah selesai dilakukan pada pukul 21.25 WIB, dengan memperbaiki bantalan yang patah dan kereta bisa kembali melintas.

Saat ini perjalanan KA Pangrango telah berlangsung normal dan jumlah penumpang juga cukup banyak karena bertepatan dengan libur sekolah. Perjalanan kereta api Pangrango sangat diminati masyarakat karena menjadi alternatif menghindari kemacetan di jalur Ciawi-Sukabumi.

Kereta ini melayani penumpang dengan tiga gerbong kelas ekonomi berkapasiats sekitar 340 orang dan dua gerbong kelas eksekutif dengan kapasitas seratus orang, juga dilengkapi satu kereta makan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّمَا غَنِمْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَاَنَّ لِلّٰهِ خُمُسَهٗ وَلِلرَّسُوْلِ وَلِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَابْنِ السَّبِيْلِ اِنْ كُنْتُمْ اٰمَنْتُمْ بِاللّٰهِ وَمَآ اَنْزَلْنَا عَلٰى عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعٰنِۗ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Dan ketahuilah, sesungguhnya segala yang kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak yatim, orang miskin dan ibnu sabil, (demikian) jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqan, yaitu pada hari bertemunya dua pasukan. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

(QS. Al-Anfal ayat 41)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement