Selasa 16 Dec 2014 22:46 WIB

Beruang Madu Masuki Pemukiman Warga di Rohul

Red: Yudha Manggala P Putra
Beruang Madu (ilustrasi)
Foto: wordpress.com
Beruang Madu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PASIR PENGARAIAN -- Seekor beruang madu bermoncong putih sejak satu pekan terakhir ini dikabarkan telah memasuki area pemukiman warga di Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau.

Berdasarkan Informasi dari sejumlah warga bahwa sekitar satu pekan lalu seekor beruang madu yang tidak diketahui jenis kelaminnya dengan tinggi sekitar satu meter, telah memasuki pemukiman warga yang awalnya terlihat berada di sekitar Kilometer 12 Pesagang, Desa Sukamaju, Kecamatan Rambah dan satwa liar ini terlihat pada malam hari.

Saat ini, satwa liar yang dilindungi oleh negara tersebut telah bergerak ke arah semak belukar di daerah Kampung Baru, di sekitaran Desa Koto Tinggi dan Desa Sukamaju, Kecamatan Rambah.

Penampakan beruang madu bermoncong putih oleh warga ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Rohul Sugiyarno. Namun dia menilai bahwa laporan warga tersebut belum pasti, karena beberapa petugas telah diturunkan dan saat ini sedang berada di lapangan.

"Sudah ada petugas yang diturunkan untuk memantaunya. Katanya beruang tersebut sudah masuk ke Kampung Baru," jelasnya kepada Antara, di pasir pengaraian, Selasa

Dia mengungkapkan terkait hal ini warga telah melaporkannya kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Riau, bahwa ada beruang masuk ke pemukiman warga.

Menurut dia, selain melakukan pengawasan terhadap satwa liar, Dishutbun Rohul juga telah mengimbau warga untuk bersikap waspada dan termasuk berkoordinasi dengan Kades Koto Tinggi dan Sukamaju, Kecamatan Rambah.

Sementara itu, Kabid Pengamanan dan Perlindungan Hutan dari pihak Dishutbun Rohul, M. Yusuf Hasibuan, mengatakan bahwa hingga Selasa sore ini, petugas belum melihat adanya tanda-tanda atau jejak dari beruang madu yang dilaporkan warga tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement