Kamis 18 Jun 2015 23:21 WIB

Lingkungan Ditata, Warga Tanjung Priok Akan Dipindah ke Kemayoran

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Foto udara kawasan Pelabuhan Tanjung Priok.
Foto: Antara/Widodo S. Jusuf
Foto udara kawasan Pelabuhan Tanjung Priok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla hari ini melakukan peninjauan di wilayah Tanjung Priok dan Kemayoran melalui udara. Ia bersama dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pun berencana akan memperbaiki lingkungan di wilayah tersebut.

"Kalau pelabuhan Jakarta ingin diperbaiki dan juga kehidupan masyarakat sekaligus diperbaiki bersama maka seluruh daerah di sekitar Tanjung Priuk dan pelabuhan segala macam harus lebih bersih dan menjadi lingkungan yang bertingkat sehingga ada kehijauan," kata Kalla di JCC, Jakarta, Kamis (18/6).

Agar rencana ini dapat berjalan lancar, pemerintah pusat bersama dengan pemerintah daerah pun akan memindahkan masyarakat setempat ke wilayah Kemayoran. "Semua warga yang di situ, pekerja, ada warga yang nelayan. Semuanya bersama-sama, harus dipindahkan dulu sebagian ke daerah yang kosong dalam hal ini Kemayoran," tambah dia.

Menurutnya, pemindahan masyarakat di wilayah Pelabuhan Tanjung Priok pun akan dilakukan secara bertahap. Ia juga menargetkan penataan di wilayah tersebut akan selesai bersamaan dengan selesainya pembangunan Pelabuhan New Priok.

Sementara itu, menurut Juru Bicara Wakil Presiden, Husain Abdullah, pemerintah daerah DKI menyatakan telah siap membangun rumah susun bagi warga kelas menengah ke bawah sesuai dengan jumlah lahan yang telah disiapkan oleh pemerintah pusat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement