Rabu 04 Nov 2015 14:38 WIB

Gempa 5,2 SR di Pandeglang Terasa Hingga Jakarta dan Bogor

Red: Bayu Hermawan
Alat pencatat gempa
Foto: antarafoto
Alat pencatat gempa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Pusat Seismologi Teknik Geofisika Potensial dan Tanda Waktu Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Jaya Murjaya mengatakan gempa bumi berkekuatan 5,2 skala richter (SR) terjadi hari ini atau Rabu yang berdampak pada wilayah Jakarta dan Bogor.

"Iya, benar ada gempa terjadi pukul 13.14 an WIB," katanya, Selasa (4/11).

Ia mengatakan pusat gempa itu berasal dari Selat Sunda dengan kedalaman 10 kilometer. Lokasi pusat gempa itu berjarak 88 kilometer arah barat daya dari kabupaten Pandeglang, Banten.

Pusat gempa itu berada pada koordinat 6,80 derajat Lintang Selatan dan 105,01 derajat Bujur Timur. Jaya mengatakan gempa itu tidak memicu tsunami sehingga warga tidak perlu khawatir.

Sementara, gempa bumi juga terjadi hari ini yang berdampak di wilayah Alor, Nusa Tenggara Timur, pada pukul 10.44 WIB. Gempa itu berkekuatan 6,2 SR dan tidak menimbulkan Tsunami.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنْ تَكْفُرُوْا فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ عَنْكُمْ ۗوَلَا يَرْضٰى لِعِبَادِهِ الْكُفْرَۚ وَاِنْ تَشْكُرُوْا يَرْضَهُ لَكُمْۗ وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِّزْرَ اُخْرٰىۗ ثُمَّ اِلٰى رَبِّكُمْ مَّرْجِعُكُمْ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَۗ اِنَّهٗ عَلِيْمٌ ۢبِذَاتِ الصُّدُوْرِ
Jika kamu kafir (ketahuilah) maka sesungguhnya Allah tidak memerlukanmu dan Dia tidak meridai kekafiran hamba-hamba-Nya. Jika kamu bersyukur, Dia meridai kesyukuranmu itu. Seseorang yang berdosa tidak memikul dosa orang lain. Kemudian kepada Tuhanmulah kembalimu lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. Sungguh, Dia Maha Mengetahui apa yang tersimpan dalam dada(mu).

(QS. Az-Zumar ayat 7)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement