Kamis 03 Aug 2017 13:24 WIB

Sinabung Erupsi Lagi, Lima Kecamatan Diselimuti Abu Vulkanis

Rep: Issha Harruma/ Red: Israr Itah
Warga Karo, Sumatra Utara menyaksikan erupsi Gunung Sinabung.
Foto: Endro Rusharyanto/AP
Warga Karo, Sumatra Utara menyaksikan erupsi Gunung Sinabung.

REPUBLIKA.CO.ID, KARO -- Lima kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatra Utara diselimuti abu vulkanis akibat erupsi yang terus terjadi, Rabu (2/8). Lebih dari 20 kali erupsi terjadi dengan kolom abu tertinggi mencapai 4,2 km dan awan panas guguran dengan jarak luncur hingga 4,5 km.

"Akibat erupsi tersebut, lima kecamatan yang berada di sekitar Sinabung terpapar abu vulkanis, yakni Payung, Simpang Empat, Naman Teran, Tiganderket, dan Kabanjahe," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Karo, Natanail Perangin-angin, Kamis (3/8).

Terkait hal ini, BPBD bersama Dinas Pemadam Kebakaran Karo telah membersihkan abu vulkanis di kecamatan-kecamatan tersebut. Pembersihan, kata Natanail, dilakukan dengan penyiraman di sejumlah titik, seperti rumah warga, lahan pertanian, sekolah, dan fasilitas umum lain.

"Penyiraman abu vulkanis dilakukan di wilayah yang terparah, titik keramaian, sekolah-sekolah, dan rumah penduduk serta di jalan raya yang lalu lintasnya ramai," ujar dia.

Selain itu, Natanail mengatakan, BPBD Karo juga telah melakukan pembagian sekitar dua ribu masker kepada warga. BPBD Karo pun terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait pengadaan masker.

"Masker dibagikan di beberapa titik di Kabanjahe dan sekolah-sekolah, Simpang Empat, Naman Teran, Tiganderket, dan Payung. Di tempat lain, kami koordinasikan ke puskesmas-puskesmas yang berada di desa untuk ikut memasok kebutuhan masker kepada warga di masing-masing wilayahnya," kata Natanail.

Hingga saat ini, Natanail mengatakan, belum ada laporan korban jiwa atas peristiwa alam tersebut. BPBD Karo pun terus mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di zona merah Sinabung.

"Kami imbau jangan pernah mendekati zona merah dan selalu mengikuti arahan dari BPBD Karo," ujar dia.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat telah terjadi awan panas guguran Sinabung sebanyak 25 kali pada Rabu (2/8). Semburan awan panas dengan kolom abu tertinggi mencapai 4,2 km dengan jarak luncur 4,5 km ke arah tenggara-timur. Semburan ini tercatat terjadi pada pukul 10.00 WIB.

Angin yang membawa abu vulkanis Sinabung ke arah Kabanjahe pun membuat sejumlah sekolah yang berada di ibu kota Karo ini diliburkan. Abu putih tebal juga tampak menyelimuti Kabanjahe dan kecamatan lain di kabupaten ini.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ قُلْ تَعَالَوْا اَتْلُ مَا حَرَّمَ رَبُّكُمْ عَلَيْكُمْ اَلَّا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًاۚ وَلَا تَقْتُلُوْٓا اَوْلَادَكُمْ مِّنْ اِمْلَاقٍۗ نَحْنُ نَرْزُقُكُمْ وَاِيَّاهُمْ ۚوَلَا تَقْرَبُوا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَۚ وَلَا تَقْتُلُوا النَّفْسَ الَّتِيْ حَرَّمَ اللّٰهُ اِلَّا بِالْحَقِّۗ ذٰلِكُمْ وَصّٰىكُمْ بِهٖ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Marilah aku bacakan apa yang diharamkan Tuhan kepadamu. Jangan mempersekutukan-Nya dengan apa pun, berbuat baik kepada ibu bapak, janganlah membunuh anak-anakmu karena miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka; janganlah kamu mendekati perbuatan yang keji, baik yang terlihat ataupun yang tersembunyi, janganlah kamu membunuh orang yang diharamkan Allah kecuali dengan alasan yang benar. Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu agar kamu mengerti.

(QS. Al-An'am ayat 151)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement