Senin 01 Jul 2019 15:12 WIB

Anne Avantie Pegang Prinsip Bahagia Layak di Usia Tua

Anne Avantie berbagi pandangan soal masa tua yang perlu dipikirkan sejak muda

Rep: Santi Sopia/ Red: Christiyaningsih
Anne Avantie
Foto: dok Republika
Anne Avantie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penuaan bagi setiap manusia adalah fitrah. Tidak ada salahnya untuk memikirkan dan mulai merencanakan masa tua. Desainer kebaya ternama, Anne Avantie, berbagi pandangan soal masa tua yang menurutnya perlu dipikirkan sejak muda.

Anne memegang prinsip berbahagialah dengan layak di masa tua. "Mau ke mana kita, hidup itu pilihan, apakah memberkati banyak orang atau kita masih hidup mau menanam apa. Benih yang baik akan memberikan hasil yang baik juga," ujar Anne di sela acara CSR Confidence Day & Night di Panti Wredha Salam Sejahtera Bogor akhir pekan lalu.

Baca Juga

Menurut Anne, sedari muda orang sudah perlu mulai memikirkan apakah masa tua akan membebani anak atau tidak. Penting pula untuk menabung. Menabung bukan dalam arti materi tetapi juga investasi pola pikir.

"Kita kalau maaf ya, meninggal cepat ya nggak apa-apa. Kalau tidak? Kita pikirkan mulai dari sejak sekarang menabung buat diri kita sendiri. Menabung bukan hanya uang tapi juga investasi pemikiran yang bagus. Kelak kita akan di mana, hidup sampai usia segini mau melakukan apa," lanjutnya.

Baginya orang perlu punya pikiran bukan berarti membayangkan hal yang tidak baik ke depannya. Akan tetapi berjaga-jaga tetap keharusan jadi tidak perlu mendramatisir hidup.

Saat masa tua, kita bisa memilih dan membahagiakan diri sendiri karena pikiran sangat menentukan. Di dalam berkah ada ujian, begitu juga di dalam ujian ada berkah kehidupan. "Itu saling mengikat. Janganlah juga selalu melihat sudut rumput tetangga lebih enak," tambah perempuan berusia 65 tahun tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement