Sabtu 24 Aug 2019 15:15 WIB

Tjahjo Heran Pembelian Mobil Dinas Baru Dipermasalahkan

Tjahjo menekankan selama ini mobil dinasnya hanya dipakai untuk pekerjaan.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ani Nursalikah
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo tak mempermasalahlan pembelian mobil dinas baru menteri. Menurutnya, pembelian itu wajar saja karena sudah melewati prosedur yang berlaku.

Tjahjo merasa heran soal pembelian mobdin baru yang kini dipersoalkan. Padahal prosedur pembelian lewat tender terbuka sudah dilakukan.

Baca Juga

"Yang penting semua prosedur sudah dilalui sesuai mekanisme yang ada baik tender secara terbuka dan penganggaran terbuka disetujui DPR," kata Tjahjo pada wartawan, Sabtu (24/8).

Tjahjo menyebut mobil dinas jabatannya saat ini sudah digunakan sejak 2009. Menurutnya, sepanjang 10 tahun pemakaian itu, mobil sering mogok hingga dirinya mesti pindah ke mobil pengawal.

"Mobil dinas Crown yang saya pakai masih bisa jalan dan dipakai walau saya sering turun di jalan pindah ke mobil patwal karena mendadak mogok di jalan dan beaya perbaikan cukup mahal," ujarnya.

Selama ini, biaya perbaikan mobil yang digunakannya ditanggung pada Kemendagri. Tjahjo menekankan selama ini mobil dinasnya hanya digunakan demi kepentingan pekerjaan. Ia merasa penggantian mobil dinas kini tepat dilakukan.

"Lima tahun lalu berita perlu tidak ganti mobil dinas sudah muncul dan Presiden Jokowi memutuskan mobil dinas pejabat negara tidak ganti karena masih layak dipakai," ucapnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قَالُوْا يٰلُوْطُ اِنَّا رُسُلُ رَبِّكَ لَنْ يَّصِلُوْٓا اِلَيْكَ فَاَسْرِ بِاَهْلِكَ بِقِطْعٍ مِّنَ الَّيْلِ وَلَا يَلْتَفِتْ مِنْكُمْ اَحَدٌ اِلَّا امْرَاَتَكَۗ اِنَّهٗ مُصِيْبُهَا مَآ اَصَابَهُمْ ۗاِنَّ مَوْعِدَهُمُ الصُّبْحُ ۗ اَلَيْسَ الصُّبْحُ بِقَرِيْبٍ
Mereka (para malaikat) berkata, “Wahai Lut! Sesungguhnya kami adalah para utusan Tuhanmu, mereka tidak akan dapat mengganggu kamu, sebab itu pergilah beserta keluargamu pada akhir malam dan jangan ada seorang pun di antara kamu yang menoleh ke belakang, kecuali istrimu. Sesungguhnya dia (juga) akan ditimpa (siksaan) yang menimpa mereka. Sesungguhnya saat terjadinya siksaan bagi mereka itu pada waktu subuh. Bukankah subuh itu sudah dekat?”

(QS. Hud ayat 81)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement