Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

 

6 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Siapa Kandidat Menteri PAN-RB? Hasto: Bukan Saya

Kamis 28 Jul 2022 01:29 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha,Febrianto Adi Saputro/ Red: Nashih Nashrullah

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, mengaku Jokowi dan Megawati kantongi nama kandidat Menteri PAN-RB

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, mengaku Jokowi dan Megawati kantongi nama kandidat Menteri PAN-RB

Foto: istimewa
Hasto mengaku Jokowi dan Megawati kantongi nama kandidat Menteri PAN-RB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sekretaris Jendral Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo telah membahas nama calon menteri PAN-RB. Namun, dia belum bisa mengungkapkan sosok yang bakal menduduki kursi tersebut. 

 

Kendati, Hasto mengakui bahwa nama-nama calon menteri PAN-RB sudah dikantongi. Hasto juga memastikan bahwa sosok pengganti Tjahjo Kumolo bukanlah dirinya. 

Baca Juga

"Nama-nama sudah dibahas. Siapa itu? Bukan saya, karena saya lebih memilih membantu Bu Megawati mengurus partai. Nanti Bu Megawati yang serahkan (nama menteri PAN-RB yang baru, red) ke pak Jokowi," kata Hasto Kristiyanto dalam keterangan, Kamis (29/7/2022). 

Dia menyebut Megawati telah berkomunikasi dengan Presiden Jokowi. Apalagi, sambung dia, Megawati dan Presiden Jokowi sering berkomunikasi langsung dan juga kerap melakukan pertemuan.

Dia memastikan bahwa PDIP memiliki banyak stok figur mumpuni. Jika dirinya ditawari, Hasto mengaku hanya ingin mengurus partai. "Kita partai (PDIP) punya stok pemimpin yang banyak. Kalaupun saya ditawari, izin saya ngurus partai saja. Saya ngurus partai saat ini. Bukan menjadi pejabat," ungkap Hasto.

Kendati demikian Hasto menambahkan, agar soal pengisian jabatan Menteri PAN-RB sebaiknya tak perlu dipersoalkan sekarang. Dia pun meminta semua pihak sebaiknya tidak membicarakan panjang lebar soal kursi menteri PAN-RB, sebagai sikap untuk menghormati sosok Tjahjo Kumolo. 

"Apa pun, pak Tjahjo sekjen (PDIP) senior, beliau sosok yang sangat baik. Pas beliau wafat kan kita tahu bagaimana ungkapan duka itu banyak sekali. Mohon dipahami masa berduka itu 40 hari," jelas Hasto.  

Menurutnya, saat ini pemerintahan dalam lembaga tersebut tetap berjalan dengan baik. "Kan sudah ada menteri ad interim yaitu pak Tito Karnavian," katanya.  

Seperti diketahui, jabatan Menteri PAN-RB hingga kini masih lowong sejak ditinggalkan Tjahjo Kumolo yang wafat pada (1/7/2022) lalu. Tjahjo sempat dirawat di rumah sakit karena mengalami komplikasi organ dalam sebelum meninggal dunia.  

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile