Selasa 16 Mar 2021 07:43 WIB

Spike Lee Gagal Masuk Nominasi Academy Awards

Tak hanya Spike Lee, sutradara Regina King juga bernasib sama.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Sutradara Spike Lee gagal masuk nominasi Academy Awards.
Foto: EPA
Sutradara Spike Lee gagal masuk nominasi Academy Awards.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara Spike Lee dan Regina King tidak masuk dalam daftar pesaing Academy Awards tahun ini. Padahal para voters telah memilih dua sutradara perempuan, termasuk King, untuk diajukan sebagai nominasi Oscar.

Film Lee yang berkisah tentang perang Vietnam berjudul "Da 5 Bloods" hampir tidak ada dalam nominasi Oscat tahun ini. Lee hanya mendapatkan satu nominasi Academy Award untuk Best Original Score.

Baca Juga

Sementara debut penyutradaraan King untuk film "One Night in Miami" mendapatkan tiga nominasi, termasuk aktor pendukung terbaik untuk Leslie Odom Jr dan skenario terbaik.

Namun demikian King tidak dinominasikan sebagai sutradara terbaik, dan "One Night in Miami" yang bercerita tentang pertemuan antara pemimpin hak-hak sipil kulit hitam pada tahun 1964 juga tidak masuk dalam daftar nominasi Best Pictures.

Dilansir dari Reuters pada Selasa (16/3), untuk nominasi kategori sutradara terbaik ada Chloé Zhao untuk "Nomadland" dan Emerald Fennell untuk film pertamanya "Promising Young Woman". Yang mengejutkan, para voters memilih Thomas Vinterberg menjadi nominasi sutradara terbaik untuk film Denmark berjudul "Another Round."

Kejutan lainnya datang dari Lakeith Stanfield yang meraih nominasi aktor pendukung untuk perannya sebagai informan FBI yang mengkhianati pemimpin Partai Black Panther Fred Hampton dalam film "Judas and the Black Messiah".

Glenn Close dinominasikan untuk aktris pendukung terbaik untuk "Hillbilly Elegy", sebuah kisah kemiskinan di Midwest AS, meskipun film itu sendiri mendapat sorotan luas. Sementara pemenang Oscar dua kali yakni Tom Hanks, gagal mendapatkan dukungan untuk perannya sebagai veteran perang Saudara di "News of the World." Film ini mendapatkan empat nominasi dalam kategori teknis.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَتَّخِذُوْا عَدُوِّيْ وَعَدُوَّكُمْ اَوْلِيَاۤءَ تُلْقُوْنَ اِلَيْهِمْ بِالْمَوَدَّةِ وَقَدْ كَفَرُوْا بِمَا جَاۤءَكُمْ مِّنَ الْحَقِّۚ يُخْرِجُوْنَ الرَّسُوْلَ وَاِيَّاكُمْ اَنْ تُؤْمِنُوْا بِاللّٰهِ رَبِّكُمْۗ اِنْ كُنْتُمْ خَرَجْتُمْ جِهَادًا فِيْ سَبِيْلِيْ وَابْتِغَاۤءَ مَرْضَاتِيْ تُسِرُّوْنَ اِلَيْهِمْ بِالْمَوَدَّةِ وَاَنَا۠ اَعْلَمُ بِمَآ اَخْفَيْتُمْ وَمَآ اَعْلَنْتُمْۗ وَمَنْ يَّفْعَلْهُ مِنْكُمْ فَقَدْ ضَلَّ سَوَاۤءَ السَّبِيْلِ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu menjadikan musuh-Ku dan musuhmu sebagai teman-teman setia sehingga kamu sampaikan kepada mereka (berita-berita Muhammad), karena rasa kasih sayang; padahal mereka telah ingkar kepada kebenaran yang disampaikan kepadamu. Mereka mengusir Rasul dan kamu sendiri karena kamu beriman kepada Allah, Tuhanmu. Jika kamu benar-benar keluar untuk berjihad pada jalan-Ku dan mencari keridaan-Ku (janganlah kamu berbuat demikian). Kamu memberitahukan secara rahasia (berita-berita Muhammad) kepada mereka, karena rasa kasih sayang, dan Aku lebih mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan. Dan barangsiapa di antara kamu yang melakukannya, maka sungguh, dia telah tersesat dari jalan yang lurus.

(QS. Al-Mumtahanah ayat 1)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement