Ahad 06 Jun 2021 12:41 WIB

Peresmian Patung Bung Karno, Megawati: Prabowo Sahabat

Keakraban Megawati dan Prabowo terekam dalam peresmian patung Bung Karno di Kemenhan.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ratna Puspita
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Momen keakraban Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terekam dalam peresmian patung Bung Karno di halaman Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI, Jakarta, Ahad (6/6). Keduanya diketahui secara bersama sama meresmikan dan menekan tombol sirene tanda peresmian patung Bung Karno tersebut.

Prabowo juga tampak mendampingi Megawati di belakang mimbar pidato, saat putri Presiden Soekarno itu tengah memberi sambutan peresmian. Dalam sambutannya, Megawati yang pernah berpasangan dengan Prabowo di pencalonan pemilu presiden 2009 lalu itu juga mengucapkan terimakasih atas dibuatnya patung Bung Karno. 

Baca Juga

Ia secara khusus juga menyampaikan rasa penghormatan kepada Prabowo yang ia sebut sebagai sahabat. "Atas nama pribadi dan keluarga besar Bung Karno saya mengucapkan terimakasih dan penghormatan secara khusus kepada bapak Prabowo Menteri Pertahanan RI dan sekaligus sahabat saya atas peresmian patung Bung Karno ini," kata Megawati.

Peresmian Patung Bung Karno ini bersamaan dengan momentum hari kelahiran Sang Proklamator ke-120 tahun. Megawati dalam sambutannya menyampaikan, atas nama keluarga besar Bung Karno mengucapkan terimakasih atas penghormatan yang diberikan kepada ayahnya tersebut.

"Kebetulan, peresmian Patung Bung Karno bertepatan pada peringatan 

hari kelahiran beliau yang ke 120 tahun. Jadi sungguh menurut kami keluarga, sangat istimewa," kata Megawati.

Megawati menilai peresmian patung Bung Karno ini menjadi momentum untuk mengingatkan seluruh perjuangan penggagas ideologi bangsa itu dalam memberikan seluruh ide, gagasan, cita cita maupun perjuangan bagi bangsa Indonesia. Ia berharap adanya patung Bung Karno ini bisa memberikan semangat kepada generasi penerus bangsa untuk terus membawa bangsa Indonesia menjadi lebih maju.

"Menjadikan sebuah api semangat yang tak kunjung padam sebagai energi perjuangan untuk membawa bangsa ini semakin berdaulat semakin maju dalam seluruh aspek kehidupan, namun tetap kokoh dengan karakter dan budaya bangsa," kata Megawati.

Sementara, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dalam sambutan juga mengaku senang atas kehadiran Megawati yang juga sekaligus putri Bung Karno. Kemenhan juga merasa bangga membuat patung Bung Karno tersebut, dan bersamaan momentum kelahiran Sang Proklamator.

"Pada hari ini adalah tepat kelahiran sang proklamator, karena itu tepat kita memilih hari ini dan ibu Megawati sebagai presiden kelima sekaligus juga adalah putri beliau bersedia untuk hadir sendiri dan meresmikan patung ini," kata Prabowo.

Meski sempat dua kali pemilu setelahnya yakni 2014 dan 2019, Megawati dan Prabowo merupakan lawan koalisi, di mana PDIP mencalonkan Joko Widodo yang menjadi lawan Prabowo Subianto. Namun, tidak berpengaruh dengan keakraban Megawati-Prabowo, seperti yang terlihat pada peresmian hari ini.

Saat menandatangani dokumen peresmian yang disiarkan secara virtual, nampak Ketua Umum Partai Gerindra tersebut membantu Megawati memastikan penandatangan dilakukan dengan lancar. Usai peresmian dan foto bersama, keduanya terekam berbincang akrab. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement