Ahad 06 Jun 2021 12:42 WIB

Film Horor yang Diangkat dari Kisah Nyata

Sarah Winchester adalah istri dari mendiang pria yang memiliki perusahaan senjata.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan film Winchester.
Foto: Lionsgate
Salah satu adegan film Winchester.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Kisah nyata horor menjadi inspirasi sejumlah film dengan genre serupa. Banyak penulis dan sutradara yang mengeklaim karyanya berdasarkan kisah nyata untuk membangkitkan sedikit warna ekstra. Namun, klaim itu tidak didukung oleh banyak fakta.

Ada beberapa film horor yang melampaui logika dan menggambarkan hal yang benar-benar terjadi. Dilansir di US Magazine pada Ahad (6/6), berikut film horor klasik yang didasarkan pada peristiwa nyata:

1. The Conjuring

Film perdana di alam semesta Conjuring sebenarnya mengacu pada Amityville di adegan pembuka. Namun, sebagian besar plot berpusat di sekitar kehidupan nyata keluarga keluarga yang berbeda bernama Perrons, yang tinggal di Rhode Island.

Mereka pindah ke rumah Harrisville pada 1970-an, kemudian dihantui seorang penyihir bernama Bathsheba Sherman, yang meninggal pada 1885. Meskipun penyihir Sherman tidak pernah dikonfirmasi, dia nyata dan dimakamkan di Kuburan Harrisville.

2. The Conjuring 2

Sekuel yang dirilis pada 2016 ini didasarkan pada hantu Enfield, kisah lain dari file kasus Warren. Keluarga Hodgson, yang tinggal di wilayah Enfield, London mengeklaim diganggu oleh kehadiran hantu antara 1977 hingga 1979. Orang-orang yang skeptis mengeklaim itu semua bohong, tetapi insiden tersebut diliput surat kabar Inggris pada saat itu.

3. The Conjuring: The Devil Made Me Do It

Waralaba Conjuring yang baru saja dirilis ini didasarkan pada kisah Arne Cheyenne Johnson. Pada 1981, dia dihukum karena pembunuhan tingkat pertama setelah membunuh tuan tanahnya. Insiden itu kemudian dikenal sebagai kasus "Devil Made Me Do It" karena Johnson mengaku tidak bersalah dengan alasan kegilaan. Kegilaan itu disebabkan oleh kerasukan setan.

4. Winchester

Film yang dirlis pada 2018 itu dibintangi aktris Helen Mirren sebagai Sarah Winchester. Dia adalah janda dari pria yang mendirikan perusahaan manufaktur senjata Winchester. Film mengambil banyak kebebasan dengan ceritanya. Benar bahwa dia tinggal di sebuah rumah besar bernama Rumah Misteri Winchester yang terus direnovasi sampai kematiannya pada 1922.

5. The Sacrament

Film karya sutradara Ti West ini adalah fiksi. Namun sinema yang dirilis pada 2013 itu meminjam banyak detail dari kisah nyata Jim Jones, pemimpin sekte terkenal yang memimpin pengikutnya bunuh diri massal pada 1978.

6. The Watcher

Film yang dirilis pada 2016 itu terinspirasi kejadian di sebuah rumah di Westfield, New Jersey, Amerika Serikat (AS). Rumah itu pertama kali menjadi berita utama pada 2014, setelah pemiliknya melaporkan bahwa mereka menerima surat ancaman yang ditandatangani seseorang yang menyebut dirinya The Watcher. Hingga 2018, keluarga yang tinggal di sana masih belum mengetahui siapa pengirim surat tersebut.

7. The Birds

Kisah yang dihadirkan sineas Alfred Hitchcock pada 1963 ini didasarkan pada cerita pendek Daphne du Maurier. Film juga terinspirasi peristiwa nyata di dekat Monterey Bay, California pada 1961.

Saat itu, Santa Cruz Sentinel pada saat itu melaporkan burung penciduk jelaga menabrak rumah dan mobil tanpa ada penjelasan ilmiah, mereka juga menggigit delapan orang. Meskipun Hitchcock sudah mengerjakan filmnya pada saat itu, dia mendengar tentang invasi burung, dan bahkan menelepon Sentinel untuk meminta salinan surat kabar.

8. Open Water

Film itu terinspirasi kisah Tom dan Eileen Lonergan, yang hilang pada 1998 setelah kelompok pengemudi scuba secara tidak sengaja meninggalkan mereka di Great Barrier Reef.

9. The Exorcist

Film yang diluncurkan pada 1973 itu terinspirasi novel 1971 karya William Peter Blatty dengan judul yang sama, yang pada gilirannya terinspirasi kisah nyata Roland Doe yang berusia 14 tahun. Doe, nama samaran, memiliki serangkaian eksorsisme yang dilakukan kepadanya oleh Gereja Katolik Roma pada 1940-an.

10. Poltergeist

Film asli yang dirilis pada 1982 itu didasarkan pada kisah keluarga Hermann, yang mengeklaim dihantui di rumahnya di Long Island pada 1958. Aktivitas paranormal berhenti setelah sekitar satu bulan, tetapi cerita itu diambil majalah Life. Secara kebetulan, rumah mereka hanya berjarak sekitar lima mil dari rumah Amityville.

11. Scream

Entri pertama dalam waralaba horor remaja itu terinspirasi oleh pembunuh berantai Danny Rolling, juga dikenal sebagai Gainesville Ripper. Dia membunuh lima mahasiswa di perguruan tinggi Florida sebelum tertangkap pada 1990.

12. Hounds of Love

Film thriller 2016 itu didasarkan pada David dan Catherine Birnie, pasangan Australia yang melakukan kejahatan pada 1986, dan dikenal sebagai "Moorhouse Murders." Dalam film, mereka bernama John dan Evelyn White.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement