Kamis 24 Jun 2021 05:05 WIB

Cara Mengingatkan Suami Agar Sholat Tepat Waktu

Sholat membantu seseorang mencapai ketangkasan spiritual.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Cara Mengingatkan Suami Agar Sholat Tepat Waktu
Foto:

Hal itu sebagaimana dinyatakan dalam firman Allah surah Thaha (20) ayat 14, yang berbunyi: "Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah sholat untuk mengingat Aku."

Hameed menjelaskan, setiap orang yang bersaksi bahwa 'tidak ada yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya' harus melaksanakan sholat lima kali dalam sehari. Selain itu, dalam hadits dinyatakan dengan jelas hal pertama yang akan dipertanggungjawabkan pada Hari Pembalasan adalah sholat.

Rasulullah SAW bersabda, "Amalan hamba yang pertama kali dihisab di hari kiamat adalah sholat. Jika sholat itu bagus, dia beruntung dan berhasil, jika cacat dia menyesal dan merugi. Bila sholat wajibnya tidak sempurna, Allah SWT berkata, "Lihatlah apakah hamba-Ku punya amalan sunnah sehingga bisa menutupi amalan wajibnya, dengan demikian tertutup segala amalnya."

Jika sholat seseorang dianggap baik, maka semua perbuatan lainnya dianggap baik. Sebab, menurut Hameed, sholat menurut definisi dan hakikatnya merupakan salah satu bentuk ibadah yang menyelamatkan seseorang dari kejahatan atau perbuatan buruk.

Sebagai bagian dari rukun Islam, sholat lima waktu membuat umat Islam senantiasa mengingat Allah. Hameed mengatakan sholat mengarahkan seluruh hidup seseorang kepada Allah. 

Sholat menyucikan hati dan mengangkat jiwa kepada Allah. Selain itu, kata Hameed, sholat juga membantu seseorang mencapai ketangkasan spiritual yang mampu mengarahkan semua aktivitas kehidupan sehari-hari senantiasa di jalan yang lurus.

Nabi Muhammad (SAW) bersabda: "Jika seseorang memiliki sungai di luar pintunya dan dia mandi di dalamnya lima kali sehari, apakah Anda pikir dia akan memiliki kotoran yang tersisa padanya?' Orang-orang berkata, 'Tidak ada kotoran yang tersisa padanya sama sekali.' Nabi kemudian bersabda, 'Itu seperti sholat lima waktu: Allah menghapus dosa-dosa mereka." (HR. Bukhari dan Muslim).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement