Rabu 28 Jul 2021 12:01 WIB

Laba Bersih BTPN Syariah Naik 89 Persen Jadi Rp 770 Miliar

BTPN Syariah tetap mengedepankan kualitas pembiayaan yang sehat.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Fuji Pratiwi
Logo BTPN Syariah (ilustrasi). PT Bank BTPN Syariah Tbk atau BTPN Syariah mencatat peningkatan laba bersih hingga 89 persen (yoy) pada kuartal II 2021.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Logo BTPN Syariah (ilustrasi). PT Bank BTPN Syariah Tbk atau BTPN Syariah mencatat peningkatan laba bersih hingga 89 persen (yoy) pada kuartal II 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank BTPN Syariah Tbk atau BTPN Syariah membukukan kinerja yang positif pada pada kuartal II 2021. Hal tersebut tecermin dari perolehan laba bersih yang tumbuh hingga 89 persen (year on year/yoy) dari Rp 507 miliar pada kuartal II tahun lalu menjadi Rp 770 miliar pada tahun ini. 

Emiten dengan kode saham BTPS ini juga telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 10,05 triliun. Penyaluran tersebut tumbuh sebesar 15 persen (yoy) dibandingkan periode sebelumnya yang sebesar Rp 8,74 triliun.

Baca Juga

Direktur Utama BTPN Syariah, Hadi Wibowo, mengatakan, pertumbuhan di saat pandemi ini tetap mengedepankan kualitas pembiayaan yang sehat dengan menjaga tingkat pembiayaan bermasalah (Non Performing Financing/NPF) di posisi 2,4 persen. "Selama masa penuh tantangan ini, nasabah pembiayaan benar-benar dijaga untuk tetap terhubung dengan bank," kata Hadi melalui siaran pers, Rabu (28/7).

Di sisi lain, Hadi menyampaikan, BTPS juga akan terus mengembangkan berbagai inovasi teknologi agar nasabah di segmen ini lebih efektif dalam bertransaksi, dengan menyesuaikan kemampuan beradaptasi mereka. BTPS telah menyiapkan aplikasi teknologi yang mengoptimalkan peran nasabah inspiratif BTPN Syariah. Nasabah dapat memperkenalkan dan membawa layanan perbankan dalam ekosistem terdekat mereka. 

BTPS juga telah mengoptimalkan proses automasi pelayanan. Hadi menyebut, seluruh tim di lapangan telah menggunakan aplikasi termutakhir dalam melayani nasabah prasejahtera produktif. Upaya ini untuk mendukung produktivitas para tim di lapangan dalam melayani nasabah menjadi lebih cepat dan tepat.

Automasi layanan, lanjut Hadi, juga menjadi ikhtiar kami dalam mengedukasi nasabah BTPS untuk beradaptasi dengan teknologi. Dengan demikian, di masa mendatang, mereka dapat membangun ekosistem digital dengan prinsip syariah khusus untuk masyarakat inklusif.

"Ini yang menjadi aspirasi kami", ujar Hadi.  

Sampai akhir Juni 2021, BTPS masih memiliki rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) yang kuat di posisi 52 persen, jauh di atas rata-rata industri. Total aset tumbuh 14 persen (yoy) menjadi Rp 17,41 triliun dari Rp 15,27 triliun. Dana pihak ketiga tumbuh 12 persen (yoy) menjadi Rp 10,61 triliun dari Rp 9,46 triliun. 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
ثُمَّ قَفَّيْنَا عَلٰٓى اٰثَارِهِمْ بِرُسُلِنَا وَقَفَّيْنَا بِعِيْسَى ابْنِ مَرْيَمَ وَاٰتَيْنٰهُ الْاِنْجِيْلَ ەۙ وَجَعَلْنَا فِيْ قُلُوْبِ الَّذِيْنَ اتَّبَعُوْهُ رَأْفَةً وَّرَحْمَةً ۗوَرَهْبَانِيَّةَ ِۨابْتَدَعُوْهَا مَا كَتَبْنٰهَا عَلَيْهِمْ اِلَّا ابْتِغَاۤءَ رِضْوَانِ اللّٰهِ فَمَا رَعَوْهَا حَقَّ رِعَايَتِهَا ۚفَاٰتَيْنَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْهُمْ اَجْرَهُمْ ۚ وَكَثِيْرٌ مِّنْهُمْ فٰسِقُوْنَ
Kemudian Kami susulkan rasul-rasul Kami mengikuti jejak mereka dan Kami susulkan (pula) Isa putra Maryam; Dan Kami berikan Injil kepadanya dan Kami jadikan rasa santun dan kasih sayang dalam hati orang-orang yang mengikutinya. Mereka mengada-adakan rahbaniyyah, padahal Kami tidak mewajibkannya kepada mereka (yang Kami wajibkan hanyalah) mencari keridaan Allah, tetapi tidak mereka pelihara dengan semestinya. Maka kepada orang-orang yang beriman di antara mereka Kami berikan pahalanya, dan banyak di antara mereka yang fasik.

(QS. Al-Hadid ayat 27)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement