Jumat 29 Oct 2021 05:30 WIB

7 Alasan Mengapa Allah SWT Melarang Seks Bebas?

Zina atau seks bebas merupakan perkara yang keji dan sesat

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Zina atau seks bebas merupakan perkara yang keji dan sesat. Ilustrasi seks bebas
Foto: ant
Zina atau seks bebas merupakan perkara yang keji dan sesat. Ilustrasi seks bebas

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO— Perzinaan atau seks bebas adalah salah satu dosa besar yang dilarang Allah SWT dan Rasul-Nya. Larangan ini bahkan dimulai dari mendekatinya dalam bentuk apapun bagi seorang Muslim.

Namun apa sebenarnya tujuan hingga alasan larangan seks bebas dalam agama Islam? Padahal tindakan ini seakan menjadi hal lumrah di tengah masyarakat modern?

Baca Juga

Dilansir dari Elbalad, ada beberapa alasan terkait pelarangan perzinaan yang sangat ditentang Islam. Alasan-alasan tersebut adalah:

Menjaga garis keturunan

Larangan ini akan menjaga garis keturunan seseorang karena setiap Muslim hanya dibolehkan melakukan seks dengan istrinya saja dan istri dengan suaminya saja. Hal ini penting karena garis keturunan akan menjadi tidak jelas ketika seorang suami mempunyai wanita simpanan dan istri juga memilikinya.

Menjaga rumah tangga

Larangan ini akan menjaga rumah tangga seorang Muslim dari kehancuran, kehilangan hingga perceraian. Rumah tangga akan berantakan, suami akan kehilangan istrinya, istri akan kehilangan suaminya, anak akan tidak percaya kepada orang tua saat salah satu pasanan melakukan perzinaan.

Mencegah penyakit

Banyak penyakit yang berhubungan dengan perzinahan telah muncul, termasuk sifilis hingga AIDS. Penyakit-penyakit ini adalah penyakit serius yang menyebabkan kematian banyak orang setiap tahunnya. 

Sesuai fitrah manusia

Larangan ini sesuai dengan fitrah manusia yang diciptakan oleh Allah SWT, yaitu sifat cemburu. Sudah menjadi kewajaran seorang pria cemburu kepada wanitanya dan sebaliknya. Bahkan di kehidupan hewan, sifat ini juga muncul.

Menjaga martabat perempuan

Hukum ini akan menjaga dan melestarikan harkat dan martabat perempuan. Penyebaran dan legalisasi zina akan mengarah pada penghinaan terhadap wanita dan menjadikannya komoditas hingga kesenangan bagi siapa pun yang menginginkannya, Islam datang untuk mencapai martabat ciptaan, terutama wanita, karena pengalaman penghinaan yang mereka alami pada masa pra-Islam.

Menekan angka pembunuhan

Perzinaan akan mengarah pada kejahatan dan pembunuhan yang meluas. Pada berbagai kasus ditemukan seorang pria membunuh istri dan kekasih istrinya, atau seorang wanita membunuh suami dan kekasihnya.

Menekan angka anak terlantar

Aturan Allah SWT ini akan mengurangi fenomena anak terlantar yang ditinggalkan di jalan umum, taman, dan dekat tempat ibadah, guna mengurangi penderitaan mereka akibat penolakan masyarakat terhadap mereka.   

Sumber: elbalad https://www.elbalad.news/5020393

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement