Jumat 04 Feb 2022 16:42 WIB

Alun-Alun dan Lapang Merdeka Kota Sukabumi Dilengkapi Klinik Kesehatan

Klinik kesehatan di alun-alun dan Lapang Merdeka Sukabumi untuk melayani warga

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Nur Aini
Suasana Lapang Merdeka Kota Sukabumi pada Ahad (23/1/2022)
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Suasana Lapang Merdeka Kota Sukabumi pada Ahad (23/1/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Keberadaan ruang publik Alun-Alun dan Lapang Merdeka Kota Sukabumi kini disediakan klinik kesehatan. Layanan itu diberikan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Sukabumi yang berada di depan Alun-Alun Kota Sukabumi.

Peresmian klinik Kesehatan Adhyaksa ini dilakukan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Batat Asep Nana Mulyana, Jumat (4/2/2022). Momen itu juga dihadiri Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Kepala Kejari Kota Sukabumi Taufan Zakaria, dan unsur forkopimda lainnya.

Baca Juga

''Kami mendorong para kejari mempunyai kontribusi terhadap wilayah masing-masing dengan mengedepankan kearifan lokal,'' ujar Kepala Kejaksaan Tinggi Jabar Asep Nana Mulyana kepada wartawan. Di mana kejaksaan membangun program berkontribusi besar dalam pembangunan.

Contohnya klinik kesehatan tersebut jadi jawaban bahwa jaksa bukan hanya di ruang sidang pemeriksaan dan berkas perkara tapi berkontribusi dalam penbangunan masyarakat terutam kesehatan. ''Ketika kelelahan saat olahraga di lapangan, warga bisa mendapatkan layanan dan kantor bagus tidak hanya gedung tapi masyarakat sekitar mendapatkan manfaat,'' imbuh Kejati Jabar Asep Nana Mulyana.

Di Kota Sukabumi, kata Asep, ada kampung restoratif justice. Keberadaan kampung itu jadi ikon pilot project kampung berbasis kearifan lokal.

''Kami ucapkan selamat datang kepada Kepala Kejati Jabar yang memberikan motivasi kepada unsur forkopimda dalam memberikan pelayanan kepada warga,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Salah satunya inovasi Kejari Sukabumi membuka klinik kesehatan adhyaksa yang strategis di dekat Alun-Alun dan Lapang Merdeka dan pemkot mengucapkan terima kasih.

Nantinya ketika ada warga yang membutuhkan layanan kesehatan bisa dengan cepat. Meskipun bukan klinik besar tapi untuk pertolongan pertama bisa dilakukan. Klinik itu setelah diresmikan Kejati akan menjadi ikon baru selain Lapang Merdeka dan Alun-Alun serta pedestrian ada klinik terdekat melayani warga.

Kepala Kejari Kota Sukabumi Taufan Zakaria menambahkan, klinik itu untuk pelayanan kesehatan warga bukan hanya pegawai kejaksaan tapi untuk warga. Hal itu misalnya layanan seperti swab dan lain sebagainya.

Baca: Covid-19 Melonjak, DPR Terapkan Kerja dari Rumah

Baca: Kim Jong-un Puji Keberhasilan Olimpiade Musim Dingin Beijing

Baca: 14 Bangunan dan Benda Ditetapkan Jadi Cagar Budaya di Kabupaten Madiun

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement