Kamis 08 Sep 2022 21:53 WIB

32 Orang Tewas Akibat Kebakaran di Tempat Karaoke di Vietnam

Korban dilaporkan terdiri dari 17 pria dan 15 wanita.

Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi Kebakaran
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi Kebakaran

REPUBLIKA.CO.ID, HO CHI MINH -- Sekurangnya 32 orang meninggal dunia akibat kebakaran yang melahap bar karaoke di Vietnam selatan, Rabu (7/9/2022) waktu setempat. Korban terdiri dari 17 pria dan 15 wanita.

Surat kabar Cong An Nhan Dan, media resmi Kementerian Keamanan Publik, mengatakan jumlah korban tewas akibat kebakaran karaoke telah meningkat menjadi 32 orang. Sebelumnya dilaporkan korban tewas 23 jiwa. Namun  delapan orang ditemukan tewas di toilet ketika api padam.

Baca Juga

Laporan yang dikutip laman Channel News Asia, Kamis (8/9/2022), mengatakan api melalap lantai dua gedung dan menjebak pelanggan aerta staf saat asap tebal memenuhi tangga dan menghalangi pintu keluar darurat. Banyak yang berkerumun di balkon untuk menghindari kobaran api yang membesar dengan cepat saat api mengenai interior kayu, sementara staf dan pelanggan lain terpaksa melompat dari gedung.

Foto-foto menunjukkan gumpalan asap mengepul dari bar yang terletak di lingkungan perumahan yang ramai di kota Thuan An, utara pusat komersial Kota Ho Chi Minh. Petugas pemadam kebakaran dengan derek mencoba memadamkan api.

Menurut otoritas Binh Duong penyebab awal kebakaran adalah korsleting listrik. Seorang saksi Nguyen Sang, yang tinggal di dekat bar karaoke mengatakan bahwa ketika truk pemadam kebakaran tiba di tempat kejadian, seorang resepsionis mengatakan ada 40 orang terjebak di dalam."Banyak orang berlari keluar melalui pintu masuk utama, tetapi banyak orang lain tidak tahan panas dan mereka melompat turun, tangan dan kaki mereka patah," kata Sang.

Peraturan pencegahan kebakaran fasilitas karaoke telah diperiksa sebelum kebakaran. Kebakaran besar sebelumnya di Vietnam terjadi pada 2018. Kala itu kompleks apartemen dilalap api yang menelan jiwa 13 orang.

Pada 2016, kebakaran di fasilitas karaoke di ibu kota Hanoi menyebabkan 13 orang tewas. Insiden tersebut mendorong penilaian tindakan pencegahan kebakaran di bar dan klub di seluruh negeri.

Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh pada Rabu memerintahkan pemeriksaan lebih lanjut terhadap tempat-tempat berisiko tinggi, terutama bar karaoke. Bulan lalu, tiga petugas pemadam kebakaran tewas setelah mencoba memadamkan api di bar karaoke lain di Hanoi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement