Ahad 30 Oct 2022 07:46 WIB

Tangis Haru Sambut Kedatangan Jenazah Novita di Rumah Duka

Novita dimakamkan di TPU Sasonoloyo Bumirejo, Semarang pada Ahad (30/10/2022).

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Agus raharjo
Keluarga Novita Kurnia Putri, korban penembakan di Amerika Serikat.
Foto: Antara
Keluarga Novita Kurnia Putri, korban penembakan di Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG--Tangis haru menyambut kedatangan jenazah Novita Kurnia Putri (25 tahun), di rumah duka, lingkungan Bumirejo, RT 10/ RW 06, Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Ahad (30/10) pukul 00.45 WIB. Novita adalah warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban penembakan brutal di San Antonio, Texas, Amerika Serikat, pada Selasa 4 Oktober 2022 lalu.

Jenazahnya baru tiba di rumah duka 26 hari setelah perkstiwa penembakan terjadi. Turut mendampingi pemulangan jenazah Novita beberapa petugas dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan  suami Novita Kurnia Putri yang juga seorang warga negara Amerika Serikat, Robert Brazil Jr.

Baca Juga

Isak tangis dari anggota keluarga dan para sahabat pecah saat mobil ambulans yang membawa jenazah Novita tiba di jalan menuju rumah duka. Terlebih saat jenazah Novita yang ditempatkan pada peti berwarna putih diturunkan dari ambulans.

Beberapa saat sebelum jenazah diturunkan dari mobil ambulans, ayah kandung Novita, Ade Sutisna sempat menyambut dan memeluk Robert Brazil Jr. Keduanya larut dalam duka atas peristiwa tragis yang dialami oleh Novita.

Ade Sutisna menyampaikan proses pemulangan jenazah putrinya dari San Antonio, Texas hingga tiba di Semarang telah diurus pemerintah melalui Kemenlu dan Konsulat Jenderal RI di Texas.

"Kami pihak keluarga di Semarang, hanya menyiapkan kedatangan jenazah di rumah duka dan proses pemakaman yang akan dilaksanakan di TPU Sasonoloyo, Bumirejo, Ahad pukul 11.00 WIB," tuturnya, di Semarang, Ahad (30/10/2022).

Ia juga berterimakasih kepada pemerintah, Kemenlu serta Konjen RI di Texas yang telah membantu proses pemulangkan jenazah Novita ke Semarang. "Pemulangan jenazah Novita ini sudah berjalan sesuai dengan permintaan keluarga," tambahnya.

Seperti diketahui, jenasah Novita Kurnia Putri tiba di Bandara Soekarno Hatta Jakarta pada hari Sabtu (29/10/2022) sore. Setelah dilakukan serah terima kepada Robert Brazil Jr (suami Novita), jenazah dibawa ke Semarang melalui jalan darat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement