Ahad 30 Oct 2022 18:01 WIB

Ketua Fraksi PKS: Hampir Tidak Mungkin Gabung Kabinet Jokowi

Fokus PKS adalah membentuk koalisi di Pilpres 2024 bukan masuk kabinet.

Red: Joko Sadewo
Ketua Fraksi PKS di DPR RI Jazuli Juwaini mengatakan hampir tidak mungkin partainya gabung kabinet Jokowi. (foto ilustrasi)
Foto: Istimewa
Ketua Fraksi PKS di DPR RI Jazuli Juwaini mengatakan hampir tidak mungkin partainya gabung kabinet Jokowi. (foto ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera )PKS) DPR RI, Jazuli Juwaini, mengatakan kemungkinan kecil partainya akan bergabung dalam kabinet Joko Widodo. Fokus PKS saat ini adalah persiapan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2024.

Menanggapi kabar adanya pertemuan PKS dengan Presiden Jokowi, yang kemudian berlanjut ke isu PKS akan masuk kabinet jika ada reshuffle dalam waktu dekat, Jazuli mengaku tidak tahu adanya tawaran masuk ke kabinet.

Baca Juga

“Saya kaget. Malahan tidak tahu dari siapa kabar itu. Saya sebagai bagian dari Majelis Syura PKS malah tidak tahu,” kata Jazuli, saat dikonfirmasi, Ahad (30/10/2022).

Dijelaskan Jazuli, kemungkinan masuk kabinet hampir tidak mungkin. “Saya pastikan hampir tidak mungkin (bergabung ke koalisi pemerintah). Sekarang ini bicaranya tidak lagi masuk kabinet, tapi koalisi Pilpres 2024,” kata Jazuli.

Semua keputusan strategis PKS harus dilakukan melalui Majelis Syura. “Tapi sepertinya itu tidak mungkin,” tegas Jazuli.

Hal sama disampaikan Ketua Polhukam DPP PKS Almuzzammil Yusuf. Ia menegaskan posisi PKS sebagai oposisi pemerintahan Joko Widodo, belum ada perubahan. Jika ada perubahan maka akan diputuskan melalui putusan Majelis Syuro PKS.

"Keputusan Majelis Syuro PKS  sebagai lembaga tertinggi partai pada Pilpres  2019 belum ada perubahan,” kata Almuzzammil, Kamis  (27/10/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement