Ahad 29 Nov 2020 14:14 WIB

Bahagia Belajar di Tengah Pandemi

Suasana pembelajaran secara daring tentu sangatlah berbeda dengan tatap muka.

Red: Israr Itah
Suasana pembelajaran jarak jauh (PJJ) di TK Madrasah Pembangunan (ilustrasi).
Foto: DOK Madrasah Pembangunan
Suasana pembelajaran jarak jauh (PJJ) di TK Madrasah Pembangunan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Neni Nasriyah, S.Pd.I, Guru TK Madrasah Pembangunan

Pandemi Covid 19 yang melanda dunia saat ini telah mengubah banyak hal. Pada anak, tak ada lagi aktivitas berkumpul seperti bermain bersama, saling berkunjung, ataupun berwisata.Bagi orang dewasa, ada juga dampak besar seperti aktivitas bekerja. Yang dahulunya dilakukan di luar rumah, kini sebagian besar pekerja lebih banyak beraktivitas dari rumah.

Dampak pandemi juga terjadi terhadap dunia pendidikan, khususnya kegiatan belajar mengajar. Kini, sekolah sudah tidak ada lagi mengadakan tatap muka secara langsung. Peserta didik dan guru terpaksa melakukan pembelajaran secara jarak jauh melalui jaringan internet (daring). Peralihan cara pembelajaran seperti ini, tentu tak mudah dilakukan. Kondisi darurat dan serbadadakan, tentunya membuat kaget semua pihak. Wabah corona telah menuntut kita belajar beradaptasi menjalankan proses pembelajaran dengan cara dan suasana yang benar-benar baru.

Demikian juga terjadi di TK Madrasah Pembangunan, proses pembelajaran digelar secara daring dengan menggunakan media zoom. Suasana pembelajaran secara daring tentu sangatlah berbeda dengan tatap muka. Banyak kendala yang harus dihadapi siswa dan guru. Salah satunya dan terutama, yakni kendala sinyal internet yang terkadang terputus di tengah-tengah pembelajaran.