Senin 05 Apr 2021 06:20 WIB

5 Makanan Ini Bantu Turunkan Risiko Kanker Kolon

Jenis makanan tertentu bisa mempengaruhi seseorang terkena risiko kanker kolon.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Jenis makanan tertentu bisa mempengaruhi seseorang terkena risiko kanker kolon.
Foto:

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Selain tinggi serat, kacang-kacangan dan biji-bijian juga kaya akan lemak sehat. Kategori makanan ini juga diketahui mengandung fitokimia dan antioksidan yang memiliki sifat melawan kanker.

Kacang-kacangan atau biji-bijian bisa dikonsumsi sebagai alternatif cemilan sehat, pengganti cemilan tak sehat seperti keripik kentang atau pretzel. Selai kacang atau biji yang alami juga dapat menjadi pendamping makanan yang tepat untuk buah.

Buah

Buah segar atau beku baik untuk dilibatkan dalam diet atau pola makan sehat sehari-hari. Seperti sayur, buah juga sebaiknya dikonsumsi dengan variasi warna yang beragam.

"Coba konsumsi satu atau dua cangkir buah per hari dan campurkan warna-warnanya," jelas Rosenfeld.

Ada alasan mengapa penting bagi setiap orang untuk mengonsumsi buah dengan warna yang beragam. Tiap warna buah memiliki kombinasi nutrisi dengan sifat melawan kanker.

Selain itu, buah juga diketahui kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk menunjang kesehatan saluran pencernaan. Sebagai tambahan, rasa manis alami pada buah dapat membantu menekan keinginan untuk menyantap makanan-makanan manis dan bergula yang kurang bergizi.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُلْ مَنْ رَّبُّ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ قُلِ اللّٰهُ ۗقُلْ اَفَاتَّخَذْتُمْ مِّنْ دُوْنِهٖٓ اَوْلِيَاۤءَ لَا يَمْلِكُوْنَ لِاَنْفُسِهِمْ نَفْعًا وَّلَا ضَرًّاۗ قُلْ هَلْ يَسْتَوِى الْاَعْمٰى وَالْبَصِيْرُ ەۙ اَمْ هَلْ تَسْتَوِى الظُّلُمٰتُ وَالنُّوْرُ ەۚ اَمْ جَعَلُوْا لِلّٰهِ شُرَكَاۤءَ خَلَقُوْا كَخَلْقِهٖ فَتَشَابَهَ الْخَلْقُ عَلَيْهِمْۗ قُلِ اللّٰهُ خَالِقُ كُلِّ شَيْءٍ وَّهُوَ الْوَاحِدُ الْقَهَّارُ
Katakanlah (Muhammad), “Siapakah Tuhan langit dan bumi?” Katakanlah, “Allah.” Katakanlah, “Pantaskah kamu mengambil pelindung-pelindung selain Allah, padahal mereka tidak kuasa mendatangkan manfaat maupun menolak mudarat bagi dirinya sendiri?” Katakanlah, “Samakah orang yang buta dengan yang dapat melihat? Atau samakah yang gelap dengan yang terang? Apakah mereka menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah yang dapat menciptakan seperti ciptaan-Nya sehingga kedua ciptaan itu serupa menurut pandangan mereka?” Katakanlah, “Allah adalah Pencipta segala sesuatu dan Dia Tuhan Yang Maha Esa, Mahaperkasa.”

(QS. Ar-Ra'd ayat 16)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement