Jumat 14 Jan 2022 07:00 WIB

Perhatikan Perubahan di Kaki, Bisa Jadi Itu Tanda Kolesterol Tinggi

Kondisi kaki dapat memberi petunjuk tingginya kadar kolesterol.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Beberapa perubahan pada kulit di tungkai kaki, pergelangan kaki, dan telapak kaki dapat menjadi pertanda tingginya kadar kolesterol (Ilustrasi).
Foto:

Ketika kondisi memburuk, gejala yang lebih berat bisa muncul. Sebagian di antaranya adalah area kaki membengkak dan memerah. Kulit

juga bisa mengalami pigmentasi dan menjadi tebal karena lipodermatosklerosis. Penurunan pertumbuhan rambut di kaki juga bisa terjadi akibat kematian jaringan.

"Ini merupakan jenis inflamasi pada lapisan lemak di bawah kulit dan dapat mengenai satu atau kedua kaki," jelas Midwest Institute for Non Surgical Therapy.

National Health Service mengatakan, saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan PAD. Namun, kombinasi antara konsumsi obat dan perubahan gaya hidup bisa membantu menurunkan atau meringankan gejala.

Sebagian perubahan gaya hidup yang perlu dilakukan adalah berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol. Pola makan yang sehat dan rendah lemak jenuh juga banyak dianjurkan untuk membantu mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah.

Pola makan ini juga dapat menurunkan risiko terjadinya aterosklerosis atau penumpukan plak kolesterol di dinding arteri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement