Senin 18 Mar 2024 07:07 WIB

Cara Mudah Tingkatkan Kadar Kolesterol Baik

Kolesterol baik (HDL) membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan strok.

Red: Reiny Dwinanda
Kolesterol tinggi (Ilustrasi). Berjalan kaki, bersepeda, atau berenang dapat membantu meningkatkan kadar HDL alias kolesterol baik.
Foto: Republika
Kolesterol tinggi (Ilustrasi). Berjalan kaki, bersepeda, atau berenang dapat membantu meningkatkan kadar HDL alias kolesterol baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolesterol HDL (high-density lipoprotein) juga dikenal sebagai kolesterol baik. Keberadaannya sangat penting untuk berfungsinya tubuh.

Dikutip dari laman Hindustan Times, Ahad (17/3/2024), kolesterol HDL membantu dalam menyerap kolesterol dalam darah dan membawanya ke hati. Kolesterol HDL juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan strok.

Baca Juga

 

Ingin meningkatkan kadar kolesterol baik? Ahli nutrisi Anjali Mukerjee mengatakan perubahan menjadi gaya hidup sehat penting untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL.

 

"Perubahan sederhana yang sangat efektif ini dapat membantu Anda meningkatkan kadar kolesterol HDL dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda secara keseluruhan," ujarnya.

 

Karena pentingnya untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam tubuh, Mukerjee merekomendasikan beberapa kegiatan yang bisa dilakukan, seperti salah satunya berjalan kaki. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Berjalan kaki, bersepeda, atau berenang dapat membantu meningkatkan kadar HDL. Selain bergerak, konsumsi makanan yang sehat juga penting, salah satunya mengonsumi asam lemak omega-3.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement