Kamis 02 Jun 2022 19:42 WIB

Dokter: Ubah Gaya Hidup Sebelum Ikuti Program Bayi Tabung

Calon ibu dan calon ayah harus memeriksakan diri sebelum menjalani bayi tabung.

Red: Reiny Dwinanda
Ibu hamil (Ilustrasi). Calon ibu dan calon ayah yang akan menjalani program bayi tabung harus melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat, misalnya dengan tidak merokok dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.
Foto:

Terakhir, yang tak kalah penting, menurut dr Azhar, adalah mempersiapkan kondisi finansial. Calon ibu dan calon ayah tentu harus memiliki cukup dana untuk menjalani program bayi tabung.

"Untuk biaya program bayi tabung, itu akan berbeda-beda tergantung dengan kondisi masing-masing pasien," kata dr Azhar.

In vitro fertilization (IVF) atau bayi tabung telah menjadi alternatif utama bagi pasangan suami istri yang tak kunjung mendapatkan buah hati meski telah menikah bertahun-tahun. Adapun faktor penyebab sulit memiliki keturunan, menurut dr Azhar, bisa jadi karena usia yang sudah tak lagi muda atau ada masalah kesuburan, baik dari pihak istri maupun suami.

"Kalau perempuan, misalnya menikah di atas usia 30 atau 35, atau ada penyakit endometriosis. Bisa juga karena udah punya anak, lima tahun kemudian susah punya lagi, itu karena makin tua, reproduksi berkurang. Pada laki-laki juga, sperma yang tadinya enggak ada masalah, jadi ada masalah," ujar dr Azhar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement