Rabu 13 Jul 2022 14:12 WIB

CDC: Kematian Akibat Infeksi Superbug Meningkat di Awal Pandemi Covid-19

Superbug ialah kuman yang resisten terhadap antibiotik.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Ciri antibiotik (ilustrasi). Resistensi antimikroba terjadi ketika kuman kebal terhadap obat. Banyaknya pasien yang tidak menghabiskan obat sesuai resep atau bahkan mengonsumsi antibiotik tanpa resep dapat membuat kuman berkembang lebih kuat.
Foto:

Satu kemungkinan alasannya, menurut Srinivasan, dari Maret hingga Oktober 2020, hampir 80 persen pasien yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19 menerima antibiotik. Penggunaan jenis antibiotik tertentu melonjak ketika dokter secara agresif menggunakan berbagai obat untuk melawan tidak hanya virus corona tetapi juga co-infeksi bakteri yang mungkin melanda pasien yang imunnya lemah.

Pada 2021, penggunaan antibiotik secara keseluruhan menurun. Srinivasan mencatat bahwa penggunaan kateter, ventilator, dan perangkat medis lainnya juga mungkin turun. Perangkat tersebut, yang digunakan pada pasien sakit parah, dapat masuk ke tubuh pasien dan membuat kuman resisten terhadap obat.

"Namun, setiap peningkatan rawat inap Covid-19 seperti yang terlihat di AS saat ini meningkatkan risiko itu," kata dia seperti dilansir AP, Rabu (13/7/2022).

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَهُوَ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ وَّكَانَ عَرْشُهٗ عَلَى الْمَاۤءِ لِيَبْلُوَكُمْ اَيُّكُمْ اَحْسَنُ عَمَلًا ۗوَلَىِٕنْ قُلْتَ اِنَّكُمْ مَّبْعُوْثُوْنَ مِنْۢ بَعْدِ الْمَوْتِ لَيَقُوْلَنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اِنْ هٰذَٓا اِلَّا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ
Dan Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan ‘Arsy-Nya di atas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya. Jika engkau berkata (kepada penduduk Mekah), “Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan setelah mati,” niscaya orang kafir itu akan berkata, “Ini hanyalah sihir yang nyata.”

(QS. Hud ayat 7)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement