Senin 13 May 2024 21:06 WIB

Gelombang Panas Membuat 10 Kota di Meksiko Catatkan Rekor Suhu

Panas menyengat menyebabkan pemadaman listrik selama beberapa jam di beberapa daerah.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Friska Yolandha
Orang-orang bermain di air mancur di Alameda Central di Mexico City, Meksiko, 12 Mei 2024. Gelombang panas yang melanda Meksiko selama sepuluh hari terakhir akan mereda dengan hujan di wilayah selatan, tengah, dan utara. Namun, menurut Badan Meteorologi Nasional, suhu di atas 40 derajat Celcius akan bertahan di 14 negara bagian, lebih dari sepertiga dari 32 negara bagian.
Foto:

Perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia dan El Nino telah meningkatkan suhu di seluruh dunia dan menyebabkan gelombang panas yang mematikan.

Regulator sistem kelistrikan Meksiko mengeluarkan beberapa peringatan pekan ini karena permintaan di beberapa bagian negara tersebut melebihi pasokan. Kamar dagang dan analis sektor mengkritik pemadaman ini, menuduh pemerintah tidak berinvestasi dalam jaringan transmisi energi atau pembangkit listrik yang memadai untuk memenuhi permintaan.

Presiden Andres Manuel Lopez Obrador, yang akan mengakhiri jabatannya pada bulan Oktober, menggambarkan pemadaman listrik tersebut sebagai hal yang luar biasa. Ia juga meyakinkan bahwa Meksiko memiliki kapasitas pembangkit yang memadai.

Gelombang panas ini terjadi di tengah-tengah kekeringan parah di seluruh negeri yang telah menyebabkan krisis air di sebagian besar wilayah Meksiko, sehingga menjadikan air sebagai isu utama dalam pemilihan umum bulan Juni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement