Selasa 05 Oct 2010 22:00 WIB

MK DItuding Jadi Antek Mafia Hukum

Rep: Rosyid Nurul Hakim/ Red: Budi Raharjo
Gedung Mahkamah Konstitusi
Gedung Mahkamah Konstitusi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Mahkamah Konsitusi (MK) dituding sebagai antek mafia hukum. Terutama dalam penyelesaian sengketa pemilukada yang disidangkan di lembaga penjaga konstitusi itu. "Dalam memutuskan hasil Pemilukada Kabupaten Merauke, MK hanya menjadi bagian dari antek dan oknum mafia hukum," ujar Kordinator aksi AMPUH (Aksi Masyarakat Peduli Hukum), Caken Sayori, di depan gedung MK, Selasa (05/10).

Menurutnya, dalam putusan itu ada permainan antara elit partai politik dengan hakim konstitusi. Sehingga diduga, MK tidak menghormati hasil pemilukada byang sudah menjadi keputusan KPUD. Seperti yang diketahui, dalam perkara sengketa Pemilukada Kabupaten Merauke, MK memutuskan untuk diadakan pemungutan suara ulang  pada 10 distrik.

Hal ini berimplikasi tidak sahnya kemenangan Romanus Mbarak dan Sunaryo yang pada pemilukada memenangkan sebanyak 43.661 suara atau sekitar 46,56 persen. Jumlah pendapatan suara itu mengungguli calon yang lain, yaitu a Daniel Walinaulik dan Omah Laduani Ladamay, Frederikus gebze dan Waryoto, dan Laurensius Gebze dan Achnan Rosyadi.

Keputusan itu, menurut Caken, sudah mencederai hati rakyat Meruke. "Demokrasi lokal telah dikebiri oleh penegak hukum sendiri," katanya. MK seharusnya bisa jujur dan adil dalam memutuskan sebuah perkara, bukan justru berpihak pada calon tertentu.

Oleh karena itu, dalam tuntutannya, AMPUH meminta keputusan KPUD Kabupaten Merauke yang memenangkan Romanus Mbarak dan Sunaryo wajob menjadi keputusan final. Hakim konstitusi dari partai politik harus mundur. MK wajib bersih adri oknum-oknum broker politik.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَالَتِ الْيَهُوْدُ يَدُ اللّٰهِ مَغْلُوْلَةٌ ۗغُلَّتْ اَيْدِيْهِمْ وَلُعِنُوْا بِمَا قَالُوْا ۘ بَلْ يَدٰهُ مَبْسُوْطَتٰنِۙ يُنْفِقُ كَيْفَ يَشَاۤءُۗ وَلَيَزِيْدَنَّ كَثِيْرًا مِّنْهُمْ مَّآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ مِنْ رَّبِّكَ طُغْيَانًا وَّكُفْرًاۗ وَاَلْقَيْنَا بَيْنَهُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاۤءَ اِلٰى يَوْمِ الْقِيٰمَةِۗ كُلَّمَآ اَوْقَدُوْا نَارًا لِّلْحَرْبِ اَطْفَاَهَا اللّٰهُ ۙوَيَسْعَوْنَ فِى الْاَرْضِ فَسَادًاۗ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِيْنَ
Dan orang-orang Yahudi berkata, “Tangan Allah terbelenggu.” Sebenarnya tangan merekalah yang dibelenggu dan merekalah yang dilaknat disebabkan apa yang telah mereka katakan itu, padahal kedua tangan Allah terbuka; Dia memberi rezeki sebagaimana Dia kehendaki. Dan (Al-Qur'an) yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu itu pasti akan menambah kedurhakaan dan kekafiran bagi kebanyakan mereka. Dan Kami timbulkan permusuhan dan kebencian di antara mereka sampai hari Kiamat. Setiap mereka menyalakan api peperangan, Allah memadamkannya. Dan mereka berusaha (menimbulkan) kerusakan di bumi. Dan Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

(QS. Al-Ma'idah ayat 64)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement