Selasa 19 Oct 2010 23:46 WIB

Mahasiwa Renungan Malam Setahun Pemerintahan SBY

Rep: Indah Wulandari/ Red: Budi Raharjo
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan melakukan Aksi Renungan Satu Tahun Pemerintahan SBY. Aksi yang bakal diikuti ratusan perwakilan mahasiswa dari seluruh Indonesia ini disebut sebagai pemanasan sebelum Aksi Nasional tanggal 20 Oktober esok.

"Malam ini, BEM SI akan melakukan pemanasan aksi 20 Oktober," jelas koordinator BEM SI, Fiqi Ahmad, Selasa (19/10).

Aksi pemanasan ini bakal dipusatkan di area Bundaran Hotel Indonesia,kawasan Sudirman,Jakarta Pusat sekitar pukul 20.00 WIB. BEM SI merupakan kumpulan aktivis BEM yang terdiri dari sekitar 52 universitas di seluruh Indonesia.

Menanggapi rencana ini, Indonesia Police Watch (IPW) berharap Polri mengedepankan tindakan preventif dalam menghadapi aksi demo 20 Oktober besok.

"Sikap ini perlu diantisipasi Polri untuk menjaga citranya, mengingat Kapolri baru belum dilantik dan Kapolri lama sudah habis masa tugasnya,"ujar Ketua Presidium IPW Neta S Pane.

Hal tersebut perlu diperhatikan karena masa transisi kepemimpinan Polri menjadi pelik. Apalagi jika terjadi hal-hal krusial atau kerusuhan massa dalam aksi demo tersebut. Kondisi ini terkait si pemberi komando dan penanggung jawab keamanan. Apakah bisa Kapolri lama yang sudah pensiun dan ilegal kepemimpinannya sesuai UU Nomor 2 Tahun 2002.

"Untuk itu IPW mengimbau masing-masing Kapolda mencermati dan mengantisipasi wilayah tugasnya dengan ekstra ketat. Sebab info yang diterima, aksi demo akan menyeruak di berbagai kota untuk menyikapi satu tahun kepemimpinan SBY," papar Neta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement