Selasa 09 Nov 2010 13:23 WIB

Pemerintah Siapkan Rancangan Rekonstruksi Mentawai

Rep: Antara/ Red: Budi Raharjo
Pantai Pagai Selatan usai disapu tsunami
Foto: Antara
Pantai Pagai Selatan usai disapu tsunami

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pemerintah menyiapkan cetak biru rehabilitasi dan rekonstruksi sejumlah bangunan dan infrastruktur yang rusak akibat diterjang tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat. "Cetak biru diharapkan sudah bisa selesai pada akhir minggu pertama Desember, sementara proses rehabilitasi dan rekonstruksi bisa dimulai pada 2011," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Armida Alisjahbana, di Istana Wapres Jakarta, Senin (8/11).

Hal tersebut dikatakan usai dirinya menghadiri rapat khusus persiapan cetak biru pembangunan kembali Kepulauan Mentawai yang dipimpin Wapres Boediono dan diikuti antara lain Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menkeu Agus Martowardojo, serta Menteri PU Djoko Kirmanto. Menurut Armida, untuk membuat cetak biru tersebut Bappenas akan bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta pemerintah daerah melakukan survei mengenai lokasi yang akan direhabilitasi dan direkonstruksi.

"Kita akan upayakan pembangunan kembali lokasi yang rusak serta mendirikan bangunan yang lokasinya berada dua hingga tiga kilometer dari pantai, untuk menghindari bencana serupa," katanya.

Armida mengatakan, sesuai data dari BNPB per 7 November, korban meninggal akibat bencana tsunami mencapai 447 jiwa, hilang 56 orang, luka berat 173 orang, luka ringan 325 orang dan pengungsi sebesar 15.353 orang. Sementara kerusakannya, kata Armida, dibagi dua yakni kerusakan rumah serta kerusakan sarana dan prasarana.