Kamis 10 Feb 2011 16:35 WIB

Inilah Surat Kerinduan dari Medan Perang

Red: Didi Purwadi
Surat Valerie untuk Ryshworth-Hill pada April 1944
Foto: dailymail.co.uk
Surat Valerie untuk Ryshworth-Hill pada April 1944

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON - Dengan cinta dari garis terdepan medan pertempuran. Kata-kata indah yang dikirim dari medan perang sejak 200 tahun silam.

Museum Tentara Nasional di London, Inggris, baru-baru ini memamerkan surat-surat yang dikirimkan dari medan perang. Surat yang dikoleksi mulai dari perang Wellington dari awal abad ke-19, pertempuran Crimea, perang dunia dan perang di Irak.

Catatan Mayor Ryshworth-Hill adalah salah satu dari koleksi yang luar biasa mendokumentasikan surat cinta dan kesedihan dari garis depan lebih dari 200 tahun. Dipisahkan oleh Perang Dunia Kedua, Mayor Anthony Ryshworth-Hill hanya memiliki foto untuk mengingat kekasihnya. Di Afrika Utara selama Perang Dunia Kedua, dia bertekad untuk tidak membiarkan perang memisahkan dirinya dengan sang kekasih.

Pada Juni 1944, dia menulis untuk kekasihnya. ''Valerie sayang, akankah kita sanggup menjalani hubungan yang terpisah jauh ini sampai kita akhirnya benar-benar kembali bertemu. Bagaimana yang cocok denganmu, sayang?''