Jumat 18 Feb 2011 13:08 WIB

Laurent Booth: Menjadi Muslim Merupakan Suatu Kedamaian

Red: Krisman Purwoko
Laurent Booth
Foto: Press TV
Laurent Booth

REPUBLIKA.CO.ID,"Apakah menjadi muslimah membuat anda merasa damai?," tanya seorang gadis cilik kepada Lauren Booth, adik ipar mantan PM Inggris Tony Blair. "Ya, sangat damai," jawab Booth yang sudah setahun menjadi muslimah. Booth menjawab pertanyaan itu pada seminar "Islam, Fear Or Not To Fear?" yang merupakan bagian dari acara Koferensi Islam yang digelar Islamic Society Essex University, Colchester, pekan silam.

Perempuan kulit putih itu menjadi pembicara dengan topik "My Journey to Islam". Seminar itu dihadiri lebih dari 200 peserta termasuk walikota Colchester Sonia Lewis. Dia mengatakan Muslim ingin semua orang menjadi bahagia. "Menjadi Muslim merupakan suatu kedamaian," ujar Lauren Booth lalu mengatakan bahwa kini ia menjadi lebih tenang.

Booth, yang mengenakan jilbab begitu menjadi muslimah, mengaku dibesarkan oleh orang tua yang tak religius di London Utara. "Ayah saya, aktor Tony Booth, membagi waktunya antara bandar judi dan pub," kata perempuan kelahiran 1967 itu. Tony Booth dikenal karena perannya dalam "Till Death Do Us Part". Tony adalah ayah dari Cherie Blair, istri mantan PM Inggris Tony Blair.

Kedua orang tuanya non-Muslim dan Booth menyebut ibunya lebih percaya tahayul, misalnya meletakkan benda tertentu di tempat tidur untuk mengusir setan. "Pada saat saya kecil saya ingat suka berdoa kepada Tuhan, saat teman-teman bermain ketika istirahat saya justru suka membaca Alkitab," katanya.