Selasa 01 Mar 2011 19:51 WIB

2012, Satu Juta Rumah Murah Dibangun se-Indonesia

Red: Djibril Muhammad
Menteri Perumahan Rakyat Suharso Manoarfa
Menteri Perumahan Rakyat Suharso Manoarfa

REPUBLIKA.CO.ID, LANGKAT, SUMUT - Menteri Perumahan Rakyat Suharso Manoarfa mengatakan pada 2012 akan dibangun satu juta rumah murah di seluruh Indonesia, adapun dananya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. "Kita akan bangun satu juta rumah untuk PNS, Polri maupun TNI, serta masyarakat luas lainnya," kata Suharso Manoarfa ketika ditemui di Stabat, Selasa (1/3).

Ia mengatakan, harga ruma murah tersebut antara Rp 5 juta-Rp 25 juta, dengan cicilan per bulannya antara Rp 180 ribu-Rp 250 ribu, dengan bunga nol persen. Ia menambahkan, program ini juga diperuntukkan bagi masyarakat lainnya, dengan harga rumah antara Rp 55 juta sampai Rp 85 juta, yang diperuntukkan bagi pegawai negeri golongan II serta III.

Pemerintah kabupaten atau kota yang ingin mengikuti program tersebut, kata dia, haruslah mempunyai komitmen terhadap rakyatnya, terlebih dahulu melengkapi zonasi pemukimannya. Sementara itu Bupati Langkat Ngogesa Sitepu menyambut baik pernyataan Menteri Perumahan Rakyat, dan menyatakan kesiapannya untuk menyediakan lahan buat perumahan nelayan, PNS maupun masyarakat lainnya.

"Apalagi cicilan buat pengadaan rumah tersebut sangat kecil bila dibandingkan dengan perumahan lainnya. Ini akan menolong rakyat kita mempunyai rumah yang layak huni," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement