Kamis 25 Nov 2010 05:18 WIB

Pemprov DKI Jamin Uji Coba Penghapusan Parkir 'On Street'

Rep: Esthi Maharani/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Uji coba penghapusan parkir di bahu jalan (on street) pasti dilakukan. Titik utama yang dibidik adalah sepanjang Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat. Selama ini, ruas jalan tersebut sering dipakai parkir sehingga terjadi penyempitan dan menyebabkan kemacetan.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, memastikan uji coba penghapusan parkir 'on street' di Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, akan dilakukan dalam waktu dekat. Namun, ia belum bisa memastikan apakah uji coba itu akan dilakukan pada tahun ini, atau pada tahun 2011.

“Uji coba itu pasti akan dilakukan. Saat ini kami masih melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan penerapan kebijakan ini agar tidak menimbulkan masalah baru,” kata Pristono, Rabu (24/11).

Berdasarkan hasil kajian sementara, lanjut Pristono, jarak terjauh yang dapat diterima oleh pengendara dari tempat parkir menuju angkutan umum atau tempat kerjanya adalah 400 meter.  Kajian lanjutan yang dilakukan dishub akan menghasilkan gedung mana yang berpotensi untuk dapat diandalkan dalam menampung kendaraan. “Memang banyak gedung parkir yang ada di Hayam Wuruk dan Gajah Mada tapi mana yang terdekat dan berapa kapasitasnya harus dipastikan terlebih dahulu,” jelasnya.