Selasa 27 Jul 2010 07:51 WIB

Paguyuban Pasundan Dukung Pemekaran Cirebon

Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,SERANG--Organisasi kemasyarakatan Paguyuban Pasundan mendukung langkah beberapa kabupaten di utara Jawa Barat yang akan memisahkan diri dari Jawa Barat untuk mendirikan Provinsi Cirebon.

Ketua Dewan Pembina Paguyuban Pasundan Ginandjar Kartasasmita di Serang, Senin, mengatakan, pihaknya mendukung langkah pembentukan Provinsi Cirebon, jika tujuan pemekaran tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya yang berada di wilayah Pantai Utara Jawa Barat.

"Kami mendukung langkah teman-teman di wilayah utara yang ingin menjadikan Provinsi Cirebon. Namun tentunya segala ketentuan harus dipenuhi," kata Ginanjar Kartasasmita usai membuka Kongres ke-41 Paguyuban Pasundan di Anyer, Serang.

Ia mengatakan, pemekaran Cirebon untuk menjadi provinsi tersendiri memisahkan diri dari Jawa Barat, harus memberikan dampak yang lebih baik bagi kesejahteraan masyarakat, jangan sampai malah membebani masyarakat yang nantinya akan bergabung dengan Cirebon.

Menurutnya, beberapa kabupaten/kota yang sudah menyatakan siap bergabung dengan Cirebon diantaranya Kabupaten Indramayu, Kuningan, Kabupaten dan Kota Cirebon. Sedangkan Kabupaten Majalengka kemungkinan tetap akan bergabung dengan Jawa Barat.

"Baru empat kabupaten/kota yang menyatakan siap. Kemungkinan Kabupaten Brebes bisa bergabung karena sebagian warganya merupakan masyarakat Sunda," kata Ginanjar yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) .

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar (PB) Paguyuban Pasundan, HM Didi Turmudzi mengatakan, Kongres ke-41 Paguyuban Pasundan akan berlangsung hingga 28 Juli 2010 mendatang diikuti sekitar 315 peserta dari pengurus Paguyuban Pasundan berbagai daerah. Namun beberapa peserta yang tinggal di luar negeri yakni dari Malaysia, Australia dan Amerika Serikat tidak datang dalam kongres tersebut. "Tujuan utama dari kongres ini adalah memilih pengurus baru Paguyuban Pasundan periode 2010-2015," kata Didi Turmudzi.

Sementara itu Wakil Gubernur Banten HM Masduki yang hadir dalam kesempatan tersebut, meminta ormas Paguyuban Pasundan tetap berkiprah dalam membantu pemerintah, terutama dalam mengentaskan kemiskinan dan kebodohan seperti yang selama ini sudah dilaksanakan lembaga pendidikan Pasundan di berbagai daerah.

"Paguyuban Pasundan sebagai ormas dan mitra pemerintah, diharapkan tetap berkarya dalam memberantas kebodohan melalui lembaga-lembaga pendidikan Pasudan," kata Masduki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement