Wednesday, 22 Rabiul Awwal 1446 / 25 September 2024

Wednesday, 22 Rabiul Awwal 1446 / 25 September 2024

DPD Minta Pemerintah Ratakan Kualitas Pendidikan Daerah

Kamis 07 May 2015 21:05 WIB

Rep: Niken Paramita/ Red: Djibril Muhammad

Farouk Muhammad

Farouk Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Farouk Muhammad mendorong pemerintah mempercepatan dan pemerataan kualitas pendidikan di daerah. Hal ini karena masih banyaknya kesenjangan kualitas dan pemerataan pendidikan di daerah.

"Pendidikan nasional masih menyimpan banyak masalah, baik secara infrastruktur maupun dalam mekanisme dan proses pembelajaran. Namun semua itu tidak boleh menjadi hambatan dalam mewujudkan pendidikan yang merata secara kualitas di seluruh wilayah Indonesia," kata Farouk, di Jakarta, Kamis (7/5).

Di daerah-daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan, masih ada guru-guru yang belum terpenuhi kebutuhannya sesuai dengan standar pelayanan minimal. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan akan terus dilakukan, antara lain melalui peningkatan kualitas guru termasuk di dalamnya sertifikasi guru.

Selama ini menurutnya, besarnya alokasi anggaran pendidikan belum berkontribusi maksimal bagi dunia pendidikan Indonesia. Terlihat dari masih banyaknya fasilitas gedung sekolah yang tidak layak, tidak optimalnya kualitas layanan, hingga minimnya fasilitas guru.