Rabu 04 Apr 2012 10:32 WIB

Turun 5 Kg dalam Seminggu, Mau? (1)

diet
diet

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk turun lima kilogram dalam satu pekan, bukan hal yang mustahil. Simak kiat berikut:

Kurangi garam

Tahukah Anda bahwa makanan dalam kemasan mengandung garam yang sangat tinggi? Tak hanya itu, makanan restoran pun mengandung garam yang tinggi. Untuk diet, mulailah mengurangi garam. Dengan begitu, Anda akan kehilangan kandungan air dalam tubuh dan menghindarkan perut buncit. Sebaiknya konsumsi tak lebih dari 500 mg garam setiap hari termasuk kandungan garam dalam makanan siap saji atau kemasan. Kabar baiknya, semua itu dapat digantikan dengan oat, yogurt, dan sayuran segar. Pilih kentang, air kelapa, aprikot, pisang, dan jeruk jauh lebih baik.

Teratur buang air

Jangan meringis dulu bicara soal buang air besar (BAB). Ini karena teratur BAB berpengaruh terhadap perut yang rata dan penurunan berat badan. Jangan bergantung pada obat pencahar. Rutinitas alami justru merupakan cara yang terbaik.

Untuk itu cobalah santap serat dalam jumlah cukup. Bagi perempuan, disarankan agar mengonsumsi sekitar 25 mg tiap hari. Konsumsi serat yang mudah dicerna dan tidak mudah dicerna. Serat yang mudah dicerna terdapat dalam makanan kita sehari-hari seperti oat, apel, sampai pir.

Sedangkan serat yang tak mudah dicerna seperti brokoli, nasi merah, wortel, hingga anggur.

Jangan lupa, segelas air panas dengan lemon untuk memperlancar pencernaan. Minuman ini dapat menurunkan PH dalam perut, memelihara probiotik alami dan membantu mengaktifkan enzim pencernaan.

Bagi-bagilah porsi makan

Ketika tiba saat makan, biasanya kita langsung menyantap makanan dalam porsi besar sekali santap. Disarankan agar membuat porsi makanan yang lebih kecil dalam frekuensi berselang tiga jam. Dengan begini, tubuh akan menggunakan kalori yang masuk untuk menghasilkan energi secara optimal tanpa ada kelebihan yang bisa berubah menjadi timbunan lemak.

sumber : totalbeauty.com
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement