Kamis 19 Mar 2015 07:15 WIB

Hah... Orang Kidal Cenderung Berumur Pendek?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Orang kidal (ilustrasi)
Foto: Kaskus
Orang kidal (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang-orang kidal mengisi setidaknya 10 persen dari populasi di dunia. Namun, banyak orang melupakan mereka. Gadget dirancang untuk mereka yang bertangan kanan, meja juga menjadi canggung bagi si kidal, demikian juga alat masak.

ROLers, berikut adalah fakta-fakta unik tentang orang kidal, dilansir dari Everyday Health, Kamis (18/3).

Orang kidal mudah marah

Studi yang diterbitkan dalam The Journal of Nervous and Mental Disease menunjukkan bahwa orang kidal lebih mudah marah dan rentan mengalami emosi negatif. Mereka sulit untuk memproses kembali perasaan normal mereka. Ini berhubungan dengan koneksi otak dan tangan.

Orang kidal lebih pemalu

Orang kidal biasaya juga lebih mudah merasakan malu ketimbang orang dengan tangan kanan. Para ilmuwan Abertay University di Skotlandia memberikan 46 orang kidal dan 66 orang dengan tangan kanan tes perilaku untuk mengukur sifat impulsif mereka. Orang kidal lebih pemalu dan takut membuat kesalahan. Mereka juga lebih mudah ragu.

Kidal punya hari internasional

Setiap 13 Agustus dunia memeringati Hari Kidal Internasional. Orang-orang kidal di seluruh dunia pertama kalinya merayakan hari ini pada 1992 di Inggris. Ini adalah hari dimana orang-orang kidal ingin meningkatkan kesadaran masyarakat akan keuntungan dan kerugian bertangan kidal.

Orang kidal minoritas

Orang kidal itu minoritas sehingga mereka cenderung berumur pendek dan dikhawatirkan akan punah satu hari nanti. Bagaimana menurutmu?

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement