Senin 09 May 2016 09:23 WIB

Makan Sesuai Golongan Darah? Ini Panduannya

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Wanita sedang makan
Foto:
Pola makan kaya sayur, ikan, hingga minyak zaitun dianggap lebih menyehatkan tubuh.

Pada dasarnya, para ahli dari dunia medis tidak setuju dengan teori golongan darah ini. Para ahli tersebut tidak mengakui adanya hubungan antara makanan dan golongan darah. Oleh karena itu, tidak ada ahli gizi dan ahli diet yang merekomendasikan diet berdasarkan golongan darah.

Ahli gizi Niti Desai mengungkapkan bahwa belum ada pembuktian ilmiah terkait pola makan berdasarkan golongan darah. Menurut Desai, pola makan ini mungkin akan memberi hasil dalam waktu singkat, akan tetapi sebagian besar dari pemilik golongan darah tidak akan merasa dampak yang berkelanjutan atau dalam jangka panjang.

Sebagai contoh, teori untuk golongan darah O dan A disarankan menjauhi banyak jenis makanan dalam pola makan mereka. Jika itu dilakukan dalam waktu yang lama, akan terjadi kekurangan nutrisi pada tubuh. Kekurangan nutrisi ini dapat berujung pada osteoporosis dan anemia. Meski begitu, belum ada alasan pula bagi orang-orang untuk tidak mencoba diet berdasarkan golongan darah ini sekali saja dalam hidupnya, dikutip dari Times of India.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement