Senin 30 May 2016 14:29 WIB

Bagaimana Memberikan Dukungan pada Penderita Penyakit Kronis?

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Penderita sakit kronis (ilustrasi)
Foto: Hellogiggles
Penderita sakit kronis (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang yang merasa sulit menerima kenyataan bahwa mereka menderita penyakit kronis. Tidak sedikit yang menampakkan sikap depresi dan menyerah dengan segala kenyataan hidupnya. Saat itu, mereka akan membutuhkan orang-orang terdekat untuk membantu melewati kesulitan-kesulitannya. 

Saat mengetahui orang yang dicintai menderita penyakit tersebut, sepatutnyalah memberikan dorongan agar mental mereka menjadi lebih kuat dan mencoba untuk bersimpati dengan apa yang terjadi. 

Dalam sebuah pembahasan di laman Hellogiggles, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu orang yang menderita penyakit kronis mendapat dukungan terbaik.

 

Menantang rasa sakit 

Dengan mempertanyakan apakah saat ini mereka merasakan sakit adalah hal yang tidak rasional. Mereka akan merasa jika kondisinya sangat menyedihkan sehingga menyebabkan perasaan depresi dan kecemasan yang berlebihan.

 

Jangan bersikap layaknya dokter

Tidak disarankan mencari informasi-informasi tentang penyakitnya yang belum terbukti kebenarannya. Akan lebih baik jika mengikuti saran dari dokter mereka daripada melakukan penelitian sendiri. 

 

Memberikan dorongan yang lembut

Memberikan dorongan secara halus adalah cara terbaik untuk membantu penderita sakit kronis mengambil langkah-langkah yang nyaman dan aman ke depannya.

 

Memberikan dukungan. 

Seseorang yang menderita penyakit kronis akan membutuhan perhatian lebih. Kesabaran dan sikap empati mejadi kunci untuk menjaga hubungan tetap harmonis ketika masalah ini muncul. Kadang-kadang rasa sakit yang mereka derita dapat menyebabkan penderita mudah marah dan gelisah. Untuk itu, Anda harus dapat menangani masalah sepele ini.

 

Memberikan bantuan

Karena mengalami penyakit kronis, seorang penderita akan kesulitan menjalani rutinitas sehari-hari. Dengan bantuan-bantuan kecil seperti membuat makanan, membawakan obat dan menawarkan bantuan dapat membuat mereka merasa sangat dihargai. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement